analisis puisi dengan semiotik

September 30, 2012

puisi merupakan sebuah karya sastra. dalam mengkaji sebuah puisi, pengkaji biasanya menggunakan 3 kajian dalam puisi. 

1. strukturalisme
2. semiotik
3. sosiologi

namun disini saya sedikit membahas apa sih yang dimaksud dengan analisis semiotik???

pertanyaan itu pasti muncul bila kita hendak mengkaji sebuah puisi. apalagi jika pengkajiannya menggunakan semiotik. berikut uraiannya ^_^


#Analisis semiotik 

Menganalisis sajak bertujuan untuk memahami makna yang terkandung dalam sajak itu sendiri. Sajak atau puisi merupakan sebuah karya sastra dan karya sastra merupakan struktur yang bermakna. Sajak atau puisi menggunakan bahasa sebagai mediumnya,  ini merupakan system semiotic atau ketandaan yaitu system ketandaan yang mempunyai arti. Ilmu yang mempelajari system tanda ini di sebut semiotic(a) atau semiologi.

Analisis semiotic tidak dapat dipisahkan dari analisis structural dan begitu juga sebaliknya. Dalam menganalisis semiotic pada puisi membuat hal-hal yang tersirat dalam puisi tersebut menjadi tersurat sehingga terbukalah makna-makna yang tersembunyi di balik kata-kata dalam puisi.
Dengan kata lain dalam proses menganalisis semiotic hal-hal yang dilakukak bukan hanya sekedar 

mengetahui makna sajak atau puisi dalam arti bahasanya saja, melainkan arti bahasa dan suasana, perasaan yang tertuang dalam puisi tersebut, intensitas arti, arti tambahan atau konotasi, dan arti yang ditimbulkan kebahasaan atau konvensi sastra misalnya, tifografi.

No comments:

Powered by Blogger.