Sepenggal Cerpen "Salah Paham"

August 06, 2020

Salah Paham

Disuatu pagi diterik matahari yang begitu menyengat, pertukaran mahasiswa pun dimulai. Mahasiswa dari Indonesia bernama Ajeng yang berasal dari Jogjakarta pun berangkat kesalah satu Negara di timur tengah. Pertukaran mahasiswa ini membuat Ajeng merasa senang, ia pun merasa bangga atas apa yang didapatkannya sekarang bisa datang ke Negara yang memiliki banyak sekali kebudayaan.

Hari pertama belajar pun dimulai. Suasana belajar yang berbeda cukup menarik Ajeng untuk giat belajar. Mempelajari kebudayaan Negara lain.

Ahmad : anda dari Indonesia?

Ajeng : iya (sedikit bingung dengan orang arab yang ditemuinya bisa berbahasa Indonesia)

Ahmad : saya Ahmad, saya juga pernah tinggal di Indonesia. Namun saya pindah dan tinggal disini.

Ajeng : (heran) saya Ajeng. Benarkah?

Ahmad : Ya, saya memang pernah tinggal di Indonesia. Namun saya lebih memilih untuk mengikuti ayah saya disini.

Ajeng : mengapa?

Ahmad : saya sebenarnya cukup senang selama saya tinggal disana, namun ada yang membuat saya lebih memilih Negara ini.

Ajeng : apa alasan anda berbuat seperti itu? Memangnya Indonesia dengan segudang kebudayaanya tidak cukup membuat hati anda senang dan bangga hingga anda tidak memilih Indonesia?

Ahmad : maaf bukan itu.

Ajeng : apa karena Indonesia itu Negara yang tidak maju, banyak kemiskinan, korupsi dimana-mana dan masih banyak yang lainnya. Apa karena itu anda bersikap seperti itu pada Negara saya? (marah)

Ahmad : maaf bukan seperti itu tapi saya…

Ajeng : saya adalah orang Indonesia, dan saya sangt cinta kepada negar saya sendiri. Jika anda berani menjelek-jelekan negra saya saya bisa marah pada anda!

Ahmad : maaf nona anda salah paham sebenarnya saya memilih Negara ini untuk belajar disini saja. Dan kebetulan ayah saya bekerja di kedutaan Indonesia untuk Neg ara ini. Saya tidak bermaksud pindah kewarganegaraan, atau bahkan menjelek-jelekan Indonesia. Walaupun saya ada keturunan arab namun saya juga cinta Indonesia. Makanya saya belajar disini, tapi setelah saya lulus nanti saya akan berusaha memajukan Negara saya sendiri maju. Apa yang anda katakana tentang Indonesia memang benar. Untuk sekarang ini kemiskinan, korupsi dan lain-lain memang sedang merajalela. Imis Namun saya optimis Indonesia pasti bisa. Apalagi jika orang-orang seperti anda banyak dan berjamuran mungkin Negara maju untuk Indonesia pun ada di depan mata.

Ajeng : jadi anda belajar disini?

Ahmad : ya, saya mahasiswa disini. tenang saja walaupun saya sudah hampir lima tahun disini tapi perjuangan saya untuk Indonesia tidak pernah putus nona.

Ajeng : maksud anda?

Ahmad : saya belajar disini bukan untuk diri saya sendiri, tapi untuk Negara saya, Indonesia nona!

Ajeng : oh, jadi anda juga sedang berjuang namun cara berjuang anda berbeda dengan saya. (kemerah-merahan)

Ahmad : ya, bisa dibilang seperti itu.

Ajeng : (tersenyum malu)


*****


No comments:

Powered by Blogger.