PENGETAHUAN DAN MINAT
MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TERHADAP SASTRA INDONESIA
MAKALAH PENELITIAN
diajukan untuk memenuhi
tugas matakuliah Pendidikan Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu: Firman Aziz, M.Pd
Disusun oleh:
Fitri Andiani NIM 1103632
Himmah Rahmawati NIM 1104818
Rizkya Putrias Ghalih NIM 1106101
Yayu Yulianti NIM 1102361
JURUSAN PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN
BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
INDONESIA
BANDUNG
2011
ABSTRAK
Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam
karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti
yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah poltik di
wilayah tersebut. Sastra Indonesia sendiri
dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan
Indonesia. Sering juga secara luas dirujuk
kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu (dimana
bahasa Indonesia adalah satu turunannya).
Sastra Indonesia ialah sastra yang aslinnya ditulis dalam
bahasa Indonesia yang isinya memancarkan sikap dan watak bangsa Indonesia
(Sarwadi, 2004:9), unsur persyaratannya ada dua, yaitu: media bahasanya bahasa
Indonesia dan corak isi karangannya mencerminkan sikap watak bangsa Indonesia
di dalam memandang suatu masalah.
Periodisasi
Sastra Indonesia menurut beberapa tokoh di Indonesia yaitu Periodisasi Bujung
Saleh, Periodisasi H.B. Jassin, Periodisasi Nugroho Notosusanto dan Periodisasi Ajip Rosidi. Jenis-jenis Sastra
Indonesia yaitu terdiri dari dua, Naratif dan Non Naratif. Sebuah Sastra
Indonesia dapat dikatakan sebagai Sastra jika bahasa sastranya penuh ambiguitas
serta memiliki kategori-kategori yang tak rasional seperti gender. Bahasa
sastra juga penuh dengan asosiasi, mengacu pada ungkapan atau karya yang
diciptakan sebelumnya. Dengan kata lain bahasa sastra sangat konotatif
sifatnya. Bahasa sastra bukan sekedar bahasa referensial. Bahasa sastra yang
mempunyai bahasa ekspresif, menunjukkan nada dan sikap pembicara atau
penulisnya. Selain itu bahasa sastra berusaha memengaruhi, membujuk dan
mengubah sikap pembaca. Serta yang dipentingkan dalam bahasa sastra adalah
tanda, simbolisme suara dari kata-kata ( Rene wellek dan Austin Weren, Teori
Kesusastraan).
Fungsi
sastra dibagi menjadi dua kategori yaitu, menghibur dan bermanfaat kepada
pembaca. Yang dimaksud menghibur disini yaitu, memberikan kenyamanan atau
relaksasi, memberikan ketegangan sesaat, memberikan kepuasaan dan memberikan
pengalaman baru. Sedangkan arti bermanfaat disini yaitu, meningkatkan kemampuan
berbahasa, meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan membentuk watak
kepribadian pembaca.
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat,
hidayah dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini.
Adapun
makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Bahasa
Indonesia. Makalah ini terdiri dari tiga
bab. Bab satu yaitu pendahuluan yang terditi dari latar belakang, rumusan
masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penelitian.
Bab dua yaitu acuan teoretik yang terdiri dari definisi sastra indonesia,
periodisasi sastra indonesia, jenis-jenis sastra Indonesia dan karakteristik umum sastra indonesia. Bab
tiga yaitu hasil dan pembahasan yang berisi hasil penelitian dan pembahasan. Bab keempat yaitu
penutup yang berisi simpulan dan saran.
Penyusun
mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam pembuatan
makalah ini.
Penulis
tidak menutup kemungkinan dalam penulisan
makalah ini terdapat kesalahan. Oleh karena itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun atau konstruktif demi perbaikan
makalah kedepan.
Bandung,
November 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
ABSTRAK....................................................................................................... i
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................... iii
BAB
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang............................................................................. 1
1.2 Rumusan
Masalah........................................................................ 1
1.3 Tujuan
Penelitian.......................................................................... 2
1.4 Metode Penelitian....................................................................... 2
1.5 Sistematika
Penulisan................................................................... 2
BAB II. ACUAN TEORETIK
2.1. Definisi Sastra Indonesia........................................................... 3
2.2. Periodesasi Sastra Indonesia...................................................... 3
2.3. Jenis-jenis Sastra
Indonesia......................................................... 5
2.4. Karakteristik Umum
Sastra Indonesia........................................ 7
BAB III. HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1. Hasil Penelitian................................................................................... 8
3.2. Pembahasan........................................................................................ 8
BAB IV. PENUTUP
4.1. Simpulan............................................................................................. 12
4.2. Saran................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN.............................................................................. 14
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Pada
awalnya, mungkin kebanyakan mahasiswa yang masuk jurusan pendidikan bahasa dan sastra
Indonesia merasa terdampar dijurusan ini bahkan bisa disebut salah masuk
jurusan. Karena pada umumnya mahasiswa yang masuk dijurusan ini merasa tidak
sesuai dan tidak cocok dengan keinginan mereka, akhirnya mereka pun terpaksa
masuk ke pilihan ketiga yang merupakan pelarian bagi mereka.
Diawal
perkuliahan dapat dipastikan mahasiswa
tersebut akan merasa kebingungan dengan materi-materi kuliah yang jauh
dari bayangan mereka, apa yang dimaksud dengan bahasa, apa yang dimaksud dengan
sastra, apa yang dimaksud fonolgi, linguistik, dll.
Sastra mungkin sebuah kata yang orang awam pun pernah atau sering
mendengarnya, tapi dapat dipastikan jika ditanya apa pengetrian sastra, bagaimana sejarah sastra, apa saja
jenis-jenis sastra mereka akan menjawab tidak tahu.
Lalu
bagaimana dengan mahasiswa yang baru masuk
jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, apa mereka mengetahui
apa pengertian sastra, bagaimana sejarah sastra, dan apa saja jenis-jenis
sastra.
Maka dari itu dalam makalah
penelitian ini kami akan mengungkap “Pengetahuan dan Minat mahasiswa pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia terhadap sastra Indonesia”.
1.2.
Rumusan
Masalah
1. Sejauh
mana Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia mengetahui sastra Indonesia?
2. Sejauh
mana Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyukai sastra
indonesia?
3. Apa
itu sastra?
4. Bagaimana
periodesasi sastra di Indonesia?
5. Apa
saja jenis-jenis sastra Indonesia?
1.3.
Tujuan Penelitian
1. Mengetahui
sejauh mana Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengenal sastra
Indonesia.
2. Mengetahui sejauh mana Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan
Sastra menyukai sastra Indonesia.
3. Mengetahui
apa yang dimaksud dengan sastra.
4. Mengetahui
periodesasi sastra di Indonesia.
5. Mengetahui
jenis-jenis sastra di Indonesia.
1.4.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam mengumpulkan data
adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penulis memberikan kuesioner
kepada beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (UPI),
yang dianggap telah mewakili seluruh siswa. Dalam angket tersebut, berisi
pernyataan yang diberikan dalam bentuk pertanyaan essay.
Untuk melengkapi metode di
atas, digunakan beberapa data dari sumber yang dapat dipercaya, baik dari media
internet maupun dari buku-buku yang berkaitan dengan sastra Indonesia. Dan
hasil angket tersebut dihitung dengan menggunakan Microsoft Excel.
1.5.
Sistematika Penulisan
Dalam makalah penelitian ini, berisi
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I : 1.1. latar belakang masalah, 1.2.
rumusan masalah, 1.3. tujuan penelitian, 1.4. metode penelitian, 1.5.
sistematika penulisan
BAB
II Acuan Teoritik : 2.1. definisi sastra Indonesia, 2.2.
periodesasi sastra Indonesia, 2.3. jenis-jenis sastra Indonesia.
BAB
III Pembahasan
BAB
II
ACUAN
TEORETIK
2.1. Definisi Sastra Indonesia
Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam
karya sastra di Asia Tenggara. Istilah
"Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama
dalam cakupan geografi dan sejarah poltik di wilayah tersebut.
Menurut
Soemawidagdo (1966:62) sastra Indonesia adalah suatu
karya sastra dapat digolongkan ke dalam kesusastraan Indonesia apabila:
1) Ditulis
buat pertama kalinya dalam bahasa Indonesia.
2) Masalah-masalah
yang dikemukakan di dalamnya haruslah masalah-masalah Indonesia.
3) Pengarangnya
haruslah bangsa Indonesia.
Menurut
Sarwadi (2004:9) sastra Indonesia adalah sastra yang aslinnya ditulis dalam
bahasa Indonesia yang isinya memancarkan sikap dan watak bangsa Indonesia.
Unsur
persyaratannya ada dua, yaitu:
1) Media
bahasanya bahasa Indonesia.
2) Corak
isi karangannya mencerminkan sikap watak bangsa Indonesia di dalam memandang
suatu masalah.
Fungsi
sastra dibagi menjadi dua kategori yaitu, menghibur dan bermanfaat kepada
pembaca. Yang dimaksud menghibur disini yaitu, memberikan kenyamanan atau
relaksasi, memberikan ketegangan sesaat, memberikan kepuasaan dan memberikan
pengalaman baru. Sedangkan arti bermanfaat disini yaitu, meningkatkan kemampuan
berbahasa, meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan membentuk watak
kepribadian pembaca.
2.2.
Periodisasi Sastra Indonesia
Periodisasi Sastra Indonesia menurut beberapa tokoh
di Indonesia:
- Periodisasi Bujung Saleh
a. Sebelum
tahun 20-an
b. Antara
tahun 20-an hingga tahun ’33
c. Tahun
‘33 hingga mei 1942
d. Mei
1942 hingga sekarang
- Periodisasi H.B.
Jassin
a. Sastra
Indonesia lama
b. Sastra
Indonesia Modern
1. Angkatan
’20
2. Angkatan
‘33 atau Pujangga Baru
3. Angkatan
‘45 mulai sejak 1942
4. Angkatan
66 mulai kira-kira tahun 1955
- Periodisasi
Nugroho Notosusanto
a. Sastra
Indonesia Lama
b. Sastra
Indonesia Modern
1.
Masa Kebangkitan
a. Periode
’20
b. Periode’33
c. Periode
’42
2.
Masa Perkembangan
a.
Periode ’45
b.
Periode’50
- Periodisasi Ajip
Rosidi
a. Sastra
Nusantara Klasik (sastra dari berbagai bahasa daerah di Nusantara)
b. Sastra
Indonesia Modern
1. Masa
Kelahiran (Masa Kebangkitan)
a. Periode
Awal 1933
b. Ang
bPeriode 1933-1942
c. Periode
1942-1945
2. Masa
Perkembangan
a. Periode
1945-1953
b. Periode
1953-1961
c. Periode
1961- sekarang
2.3.Jenis-jenis
Sastra Indonesia
a.
Naratif
1.
Tulisan
a.
Novel
Ciri-ciri :
Novel lebih panjang (setidaknya 40.000
kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak
dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara
atau sajak.
Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam
kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari
naratif tersebut.
b.
Cerita pendek
Ciri-ciri
:
Cerita pendek cenderung padat dan
langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang,
seperti novella
(dalam pengertian modern) dan novel.
Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik
sastra seperti tokoh,
plot,
tema,
bahasa
dan insight
secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang.
c.
Puisi naratif
Puisi naratif ialah puisi yang memberitahu tentang satu cerita tertentu. Ia termasuklah puisi epik, namun kadangkala nama puisi
naratif dikhaskan untuk karya yang lebih pendek dan menarik minat mausia.
d.
Skrip
1.
Dimainkan
langsung
Contohnya
: wayang golek, wayang kulit, wayang orang.
2.
Film
Film adalah lakon (cerita) gambar hidup. Kata lain dari film adalah
sinema. Sinema adalah karya seni yang lahir dari pemikiran
manusia, serta dipadukan dengan dunia industri. Dibandingkan dengan karya seni
lain, sinema memiliki keistimewaan, yaitu gerak, gambar, musik, syair, dan
suara, semuanya secara serempak dapat ditampilkan di layar sehingga menimbulkan
makna dan pemahaman baru.
3.
Opera
Opera adalah drama yang mengandung
musik dan nyanyian.
2.
lisan
a.
dimainkan
langsung
b.
film
Film adalah lakon (cerita) gambar hidup. Kata lain dari film adalah
sinema. Sinema adalah karya seni yang lahir dari pemikiran
manusia, serta dipadukan dengan dunia industri. Dibandingkan dengan karya seni
lain, sinema memiliki keistimewaan, yaitu gerak, gambar, musik, syair, dan
suara, semuanya secara serempak dapat ditampilkan di layar sehingga menimbulkan
makna dan pemahaman baru.
c.
Opera
Opera
adalah drama yang mengandung musik dan nyanyian.
b.
Non Naratif
1.
Sajak
Sajak adalah karangan puisi.
Ciri-ciri :
1. Sebagai
puisi modern .
2. Bentuknya bebas daripada puisi dan syair.
3. Pemilihan
kata-kata yang indah (sesuai dengan mesej dan nada puisi).
2.4.Karakteristik
Umum Sastra Indonesia
Dilihat dari situasi bahasa:
a.
Monolog adalah
pembicaraan yang dilakukan oleh diri sendiri atau adegan dengan pelaku tunggal
yang membawakan percakapan seorang diri. Contohnya: puisi atau sajak.
b.
Dialog adalah
percakapan antara dua orang tokoh atau lebih. Contohnya: drama.
c.
Teks berlapis
atau pencangkokan adalah gabungan antara monolog dan dialog. Contohnya: roman
dan novel.
BAB
III
HASIL
DAN PEMBAHASAN
3.1.
Hasil Penelitian
Dalam penulisan makalah penelitian
yang berjudul Pengetahuan dan Minat Mahasiswa Pedidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia ini, kami sebelumnya melakukan
penelitian dengan cara membagikan angket yang mengambil 16 sampel dari
perwakilan berbagai kelas, yang berisi pertanyaan-pertanyaan sebagai
berikut:
1. Apakah
anda menyukai sastra?
2. Apakah
alasan anda menyukai sastra?
3. Apakah
jenis sastra yang anda sukai?
4. Sejak
kapankah anda menyukai sastra?
5. Apakah
jenis sastra yang pernah anda buat?
3.2.
Pembahasan
- Apakah
anda menyukai sastra?
Interpretasi:
Dari
hasil angket diatas, diperoleh data 67% responden menjawab suka, 28% responden
menjawab tidak terlalu suka dan5%
responden menjawab tidak suka. Dari data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa
sebagian besar mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyukai
sastra.
- Apakah
alasan anda menyukai sastra?
Interpretasi:
Dari
hasil angket diatas, diperoleh data 31% responden menjawab keindahan, 25%
responden menjawab hiburan, 19% responden menjawab ungkapan perasaan, 13%
responden menjawab seni, 6% responden menjawab berimajinasi dan pembelajaran.
Dari data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebagian besar mahasiswa
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia beralasan bahwa mereka menyukai sastra
berdasarkan keindahan sebuah karya sastra.
- Apakah
jenis sastra yang anda sukai?
Interpretasi:
Dari
hasil angket diatas, diperoleh data 26% responden menjawab novel, 26% responden
menjawab puisi, 15% responden menjawab cerpen, 9% responden menjawab prosa dan
drama, 6% responden menjawab teater, dan 3% responden menjawab fiksi, non fiksi
dan tulis. Dari data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebagian besar
mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyukai jenis sastra yang
berupa novel dan puisi.
- Sejak
kapankah anda menyukai sastra?
Interpretasi :
Dari
hasil angket diatas, diperoleh data 30% responden menjawab SMP, 29% responden
menjawab SMA dan Perguruan Tinggi, dan 6% responden menjawab Membaca dan
Menonton. Dari data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebagian besar
mahasiswa Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia menyukai sastra ssejak mereka
berada dibangku SMP.
- Apakah
jenis sastra yang pernah anda buat?
interpretasi :
Dari
hasil angket diatas, diperoleh data 56% responden menjawab puisi, 32% tesponden
menjawab cerpen, 8% responden menjawab novel, dan 4% responden menjawab drama.
Dari data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebgian besar mahasiswa
pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pernah membuat karya sastra yang berupa
puisi.
BAB IV
PENUTUP
5.1.
Simpulan
Berdasarkan hasil
yang telah diperoleh dari hasil penyebaran angket, dapat diketahui bahwa
sebagian besar mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyukai sastra
dengan alasan bahwa sastra memiliki keindahan. Selain itu jenis sastra yang
lebih disukai adalah novel dan puisi. Sebagian besar para mahasiswa menyukai
sastra sejak berada dibangku SMP. Dan para mahasiswa lebih menyukai untuk
membuat karya sastra yang berupa puisi karena lebih mudah dibandingkan dengan
genre sastra yang lainnya.
5.2.
Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis
menyarankan:
1. Kepada
para mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk lebih meningkatkan
minat baca terhadap buku yang berhubungan
dengan sastra Indonesia.
2. Kepada
para mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk lebih meningkatkan
produksi karya sastra sehingga dapat tercipta sastrawan sastrawan baru di
Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Luxemburg, J. V.,
Ball, M., & Weststeijn, W. G. (1992). Pengantar Kajian Ilmu Sastra.
Jakarta: PT Gramedia.
Wellek, R., & Warren, A. (1989). Teori Kesusastraan.
Jakarta: PT Gramedia.
http:// . id.wikipedia.org/wiki/Cerita_pendek
(diakses pada tanggal 18 November 2011)
http:// id.wikipedia.org/wiki/Novel (diakses
pada tanggal 18 November 2011)
http:// ms.wikipedia.org/wiki/Puisi_naratif (diakses
pada tanggal 19 November 2011)
http://organisasi.org (diakses pada
tanggal 19 November 2011)
LAMPIRAN
ANGKET
Pengetahuan dan
minat mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia terhadap Sastra
Indonesia
1.
Suka sastra?
................................................................................................................................................
2.
Apa alasan anda menyukai sastra?
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
3.
Sastra jenis apa yang anda sukai?
................................................................................................................................................
4.
Sejak kapan anda menyukai sastra?
................................................................................................................................................
5.
Sudah pernah membuat sastra apa saja dan
sebutkan alasannya?
( novel, cerpen,
puisi, dll ......................)
................................................................................................................................................