Inilah modul Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 Kurikulum Merdeka.
MODUL
Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif
Nama Guru : Fitri Andiani, S.Pd., Gr.
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Plered
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas :10
Alokasi Waktu : 6 x 135 menit (18 JP)
Deskripsi : Perangkat pembelajaran ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyimak, membaca dan memirsa, memahami makna kata, informasi faktual, dan kaidah bahasa, menulis teks hasil observasi, membuat buku tempel (Scapbook), menampilkan laporan hasil observasi, dan menulis teks laporan observasi.
Profil Pelajar Pancasila:
● Kreatif, yang ditunjukkan melalui kegiatan menulis teks laporan observasi yang objektif dengan memerhatikan kaidah kebahasaan dan membuat buku tempel (Scrapbook) berdasarkan teks hasil observasi.
● Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui kegiatan menilai dan mengkreasi informasi berupa gagasan dan pesan dari teks laporan observasi dan mengidentifikasi makna kata, informasi faktual, dan kaidah kebahaaan teks laporan hasil observasi.
● Mandiri, yang ditunjukkan melalui self regulator untuk mengarahkan diri dan fokus terhadap apa yang dipresentasikan serta dapat mempertanggungjawabkan laporan hasil observasi.
Sarana Prasarana:
● Komputer/Laptop
● Koneksi Internet
● Bahan ajar
● LKPD
Model Pembelajaran:
● Tatap Muka
● Model Pembelajaran: Discovery Learning
Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Berikut Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
10.1 Peserta didik menilai dan mengkreasi informasi berupa gagasan dan pesan dari teks laporan observasi.
2. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
10.17 Peserta didik mengidentifikasi makna kata, informasi faktual, dan kaidah kebahaaan teks laporan hasil observasi.
3. Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi.
10.6 Peserta didik menulis teks laporan observasi yang objektif dengan memerhatikan kaidah kebahasaan.
4. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif.
10.7 Peserta didik membuat buku tempel (Scrapbook) berdasarkan teks hasil observasi.
5. Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
10.21 Peserta didik mempresentasikan laporan hasil observasi.
Materi Teks Laporan Hasil Observasi
Pertemuan Materi Durasi Deskripsi
1 Menyimak dan Mengevaluasi Tes Laporan Hasil Observasi [ PDF ]
135
menit Siswa menyimak sebuah teks hasil observasi dan mengidentifikasi struktur teks
2 Mengidentifikasi Makna Kata dalam Laporan Hasil Observasi [PDF ]
135
menit Siswa dibimbing untuk mencari makna kata dari teks laporan hasil observasi
3 Mengidentifikasi Informasi Faktual dalam Laporan Hasil Observasi [PDF ]
135
menit Siswa dibimbing untuk mencari informasi faktual dari teks laporan hasil observasi
4 Kaidah kebahasaan Teks Anekdot [ PDF ]
135
menit Siswa dikenalkan kaidah definisi, kalimat deskripsi, penulisan kutipan dan sumber rujukannya
5 Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Objektif [PDF ]
135
menit Siswa dibimbing untuk merancang teks laporan hasil observasi yang objektif
6 Menyajikan Laporan Hasil Observasi dalam bentuk Buku Tempel [PDF ]
135
menit Siswa dibimbing untuk membuat buku tempel
7 Menampilkan Laporan Hasil Observasi [PDF ]
135
menit Siswa mempresentasikan laporan hasil observasi yang sudah disiapkan melalui infografis
Penugasan
1. Tugas Individu dan Kelompok
Untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang dibagikan, siswa mengerjakan penugasan berikut.
Pertemuan Tugas Deskripsi
1 Aktivitas Terbimbing Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa menyimak dan mengidentifikasi struktur teks LHO ke dalam tabel [ PDF]
Rubrik Penilaian pengisian tabel [Rubrik]
2 Aktivitas Terbimbing Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa identifikasi makna kata dan informasi faktual teks LHO [PDF]
Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan [Rubrik]
3 Aktivitas Terbimbing Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa membandingkan isi informasi dari 2 teks berbeda [PDF]
Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan [Rubrik]
2. Penilaian Formatif
Untuk mengecek pemahaman, jawab pertanyaan / kerjakan penugasan di bawah ini.
Pertemuan Tugas Deskripsi
3 Forms Siswa menjawab soal-soal kuis kaidah kebahasaan teks anekdot [Kuis Google Form]
Docs/PDF Siswa menjawab soal-soal kuis kaidah kebahasaan teks anekdot [ Docs / PDF ]
3. Penilaian Sumatif
Untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang dibagikan, siswa mengerjakan penugasan berikut.
Pertemuan Tugas Deskripsi
4 Aktivitas Terbimbing Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa menulis teks LHO
Rubrik Penilaian menulis teks LHO [Rubrik]
5 Aktivitas Terbimbing Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa membuat LHO dalam bentuk buku tempel
Rubrik Penilaian membuat LHO dalam bentuk buku tempel [Rubrik]
6 Aktivitas Terbimbing Siswa mempresentasikan LHO
Rubrik Penilaian penampilan lawakan tunggal [Rubrik]
Refleksi
Untuk mengecek pemahaman, jawab pertanyaan / kerjakan penugasan di bawah ini.
Pertemuan Tugas Deskripsi
5 Refleksi Siswa Siswa mengerjakan refleksi akhir pembelajaran: Refleksi [PDF]
- Refleksi Guru Guru melakukan refleksi akhir pembelajaran: Refleksi [PDF]
Glosarium
Building Knowledge of Field dan Modelling of Text : membangun pengetahuan dan pemodelan teks
Menginterpretasi : bentuk penafsiran dalam proses komunikasi
Mengidentifikasi : suatu tindakan yang berkaitan dengan penetapan atau penentuan identitas benda, seseorang, atau yang lainnya.
Menganalisis : penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat
Menyimak intensif: kegiatan menyimak yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk memahami makna dan informasi yang dikehendaki.
Observasi : pengamatan
Self regulator : adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kontrol terhadap dirinya
Struktur Teks : tata organisasi teks dengan cara teks disusun
Kaidah Kebahasaan : aturan-aturan yang digunakan dalam membentuk kata dan kalimat sebagai ciri ataupun pembeda dengan jenis teks lainnya.
Objektif : keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau opini.
Kolaborasi : proses bekerja sama untuk menelurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama
Akurasi : kedekatan nilai yang diperoleh dari hasil pengukuran dengan nilai yang sebenarnya.
Daftar Pustaka
Aulia,Fadilah Tri & Sefi Indra Gumelar. 2021. Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X .Jakarta : Puskurbuk BPPP Kemendikbudristek.
Gumelar, Sefi Indra & Fadilah Tri Aulia. 2021. Buku Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X. Jakarta : Puskurbuk BPPP kemdikbudristek.
Keraf, Goris. 1979. Komposisi.Ende:Nusa Indah
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
SMA/MA/SMK.Bandung: Yrama Widya.
Sumber Internet:
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5540253/contoh-teks-laporan-hasil-observasi- beserta-strukturnya diunduh pada tanggal 10 November 2021 pukul 10.00.WIB
https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/45d2674fd69244e4b1 43a92c342ac99e pada tanggal 11 November 2021 pukul 13.00.WIB
https://hewanpedia.com/mengenal-burung-gereja-dan-berbagai-faktanya/ pada tanggal 11 November 2021 pukul 14.00.WIB
https://www.mongabay.co.id/2020/07/07/mengenal-ciplukan-si-mungil-yang-kaya-manfaat/diunduh tanggal 13 November 2021 pukul 11.00 WIB.
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5728747/kalimat-kompleks-vs-kalimat-simpleks- ini-penjelasannya diunduh tanggal 14 November 2021 pukul 11.00 WIB