MATERI ASN BerAKHLAK EPISODE 1 PENGANTAR BERAKHLAK

March 14, 2024

 


Core values ASN yaitu BerAKHLAK yang memiliki akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2024. Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:

1.     Berorientasi Pelayanan yaitu Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, dan Melakukan perbaikan tiada henti.

2.     Akuntabel yaitu Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

3.     Kompeten yaitu Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, Membantu orang lain belajar, dan Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

4.     Harmonis yaitu Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, Suka menolong orang lain, dan Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

5.     Loyal yaitu Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah dan Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

6.     Adaptif yaitu Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas dan Bertindak proaktif.

7.     Kolaboratif yaitu Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Oleh karena itu, ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu, ASN yang memiliki core values BerAKHLAK adalah udaya kerja yang menjadi target dari 5 prioritas kerja pemerintahan Jokowi tahun 2019 – 2024.


Sumber Belajar:

No comments:

Powered by Blogger.