Modul Bahasa Indonesia kelas X Semester 1 Kurikulum Merdeka Materi Teks Laporan Hasil Observasi

Inilah Modul Bahasa Indonesia kelas X Semester 1 materi teks laporan hasil Observasi



MODUL

 BAHASA INDONESIA


Nama Guru : Fitri Andiani, S.Pd., Gr.

Nama Sekolah        : SMA Negeri 1 Plered

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas :10

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (3 JP)

Deskripsi : Perangkat pembelajaran ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyimak, membaca dan memirsa, memahami makna kata, informasi faktual, dan kaidah bahasa, menulis teks hasil observasi, membuat buku tempel (Scapbook), menampilkan laporan hasil observasi, dan menulis teks laporan observasi.  


Profil Pelajar Pancasila:

Kreatif, yang ditunjukkan melalui kegiatan menulis teks laporan observasi yang objektif dengan memerhatikan kaidah kebahasaan dan membuat buku tempel (Scrapbook) berdasarkan teks hasil observasi.

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui kegiatan menilai dan mengkreasi informasi berupa gagasan dan pesan dari teks laporan observasi dan mengidentifikasi makna kata, informasi faktual, dan kaidah kebahaaan teks laporan hasil observasi.

Mandiri, yang ditunjukkan melalui self regulator untuk mengarahkan diri dan fokus terhadap apa yang dipresentasikan serta dapat mempertanggungjawabkan laporan hasil observasi.


Sarana Prasarana:

Komputer/Laptop

Koneksi Internet

Bahan ajar 

LKPD

Youtube


Model Pembelajaran:

Tatap Muka

Model Pembelajaran: Discovery Learning


Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran

Berikut Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

10.1 Melalui metode Discovery Learning, peserta didik mampu menilai dan mengkreasi informasi berupa gagasan dan pesan dari teks laporan observasi dengan kreatif, bernalar kritis , dan mandiri.



Langkah Langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 Menit)

a. Pendidik berkomunikasi dan mengecek kehadiran peserta didik, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.

b. Pendidik menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan.

c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai CP.

2. Inti (70 Menit)

a. stimulation (10’) Peserta didik diberi pertanyaan soal objek-objek yang ada di lingkungan sekolah.

Pendidik memberikan penjelasan mengenai teks laporan hasil observasi.

Peserta didik dibagi menjadi 10 kelompok.

Peserta didik diberikan teks laporan hasil observasi berjudul ‘Burung Gereja’ untuk peserta didik yang cenderung menyukai membaca, peserta didik juga dapat mengakses video “Burung Gereja” untuk peserta didik yang menyukai audio visual, dan bagi peserta didik yang memiliki profil belajar kinestetik bisa mengamati burung gereja secara di lingkungan sekolah.


b. problem statement (10’) Peserta didik diminta untuk menganalisis informasi dari teks laporan hasil observasi berjudul ‘Burung Gereja’.


c. data collection (15’)

Peserta didik informasi dari teks laporan hasil observasi berjudul ‘Burung Gereja’.

d. data processing (15’) Peserta didik berdiskusi untuk mencari informasi dari teks laporan hasil observasi berjudul ‘Burung Gereja’.

e. verification 

(10’)

Peserta didik mengumpulkan hasil analisis kelompok.

f. generalization 

(10’) Peserta didik menyimpulkan hasil tugas dengan cara mepresentasikan dalam berbagai bentuk.  

3. Penutup (10 Menit)

a. Peserta didik melakukan refleksi.

b. Pendidik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

c. Pendidik memberikan umpan balik dan penugasan.

d. Pendidik menginformasikan pembelajaran berikutnya.



Penugasan

1. Siswa melakukan aktivitas terbimbing berupa menyimak dan mengidentifikasi struktur teks lho ke dalam tabel [Docs IPDF ]

2. Rubrik Penilaian pengisian tabel [Rubrik] : Rubrik dapat  dengan mudah diimpor ke Google Classroom.



Mengetahui, Plered,   Januari 2022

Kepala SMA Negeri 1 Plered, Guru Bahasa Indonesia,





Wahyu Yuana, S.Pd. M.Pd Fitri Andiani, S.Pd.

NIP 19730525 200801 1 003 NIP 19930101 202221 2 015






Bahan Bacaan Peserta Didik




TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


Pernahkah Kalian melihat sesuatu yang unik dan menarik disekitarmu dan ingin menyampaikan kepada orang lain secara tertulis ? Pernahkah kalian ditugaskan oleh guru untuk melakukan kegiatan pengamatan atau observasi?

Misalnya, ditugaskan untuk mengamati perilaku hewan ,tumbuhan tertentu, keadaan tempat, peristiwa, dan lain sebagainya Biasanya, setelah Kalian melakukan kegiatan observasi, Kalian harus menuliskan informasi dalam bentuk teks. Dalam konteks sosial dan akademik , teks yang digunakan adalah teks faktual berupa laporan hasil observasi.


A. Pengertian Teks laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi, adalah jenis teks yang berisi informasi atau penjabaran umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan langsung.

B. Ciri / Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi

Setiap teks memiliki ciri yang membedakan dari jenis teks yang lainnya. Sebagai contoh pada pelajaran di SLTP Kalian pernah belajar teks narasi. Teks narasi memiliki ciri : berbentuk cerita, memiliki alur, adanya konflik, latar, dan sebagainya. Begitu pula dengan teks deskripsi yang memiliki ciri di antaranya: menggambarkan atau melukiskan sesuatu, melibatkan kesan indra, dan sebagainya. Berikut ini Kalian akan mengetahui ciri teks laporan hasil observasi melalui penggalan teks di bawah ini.

Teks di atas merupakan contoh laporan hasil observasi karena teks tersebut mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.

Perhatikan penggalan teks berikutnya !

Karakterstik lainnya dari suatu laporan adalah dipenuhinya teks itu dengan fakta. Perhatikan paragraf pertama pada teks di atas. Setiap kalimat dalam paragraf tersebut berupa fakta.

Sekitar dua ratus pelajar SMA, SMK, dan sederajat, berkumpul di depan kantor PDAM Bandung, Jalan Badaksinga, Minggu (12/8). (fakta)

Ciri berikutnya dari teks laporan hasil observasi adalah bersifat objektif artinya hasil observasi yang harus disajikan sesuai dengan keadaan objek yang sebenarnya di lapangan, tanpa dipengaruhi pandangan atau pendapat pribadi


 

       Pertemuan 1                       Bahan Bacaan Peserta Didik



Objek observasi dapat bermacam macam, bisa berupa hewan, tumbuhan, benda, tempat, kegiatan

, peristiwa, makanan/minuman, dll. Berikut ini contoh teks LHO.



LIDAH BUAYA

Lidah buaya mempunyai nama latin Aloe Barbadensis Millear atau Aloe Vera. Lidah buaya menjadi 1 dari 10 tipe tanaman terlaris yang ada di dunia serta memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi tanaman obat sekaligus bahan baku industri.

Lidah buaya ini bisa hidup di tempat dengan suhu yang panas atau biasa ditanam di dalam pot maupun pekarangan rumah yang dijadikan sebagai tanaman hias.

Tumbuhan ini memiliki daun yang cukup runcing seperti taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi, dengan permukaannya yang berbintik-bintik, panjang 15-36 cm dan lebar 2-6 cm. Selain itu, tumbuhan ini juga kaya akan kandungan vitaminnya (kecuali vitamin D).

Lidah buaya biasanya dimanfaatkan sebagai media untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti obat cacing, amandel, keseleo, sakit mata, bisul, luka bakar, bernanah, luka dan jerawat.Tak hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk menebalkan serta menghitamkan rambut.

(Sumber : https://www.yuksinau.id/teks-laporan-hasil-observasi/contoh/)


KAWAH IJEN

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pesona yang sangat indah dengan pemandangan alam yang masih natural dan didukung dengan keramahan penduduk lokal super ramah.


Kawah Ijen menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik atau internasional.

Selain pemandangan seperti gunung yang disajikan di Kawah Ijen, terdapat hal yang membuat menarik dan berbeda dari kawasan wisata lainnya di dunia. Hal yang menarik dari Kawah Ijen adalah terdapat Blue Fire atau api biru yang sangat cantik dan indah.


Fenomena tersebut menjadikan kawah ijen merupakan salah satu kawah terindah di dunia.

(Sumber : https://www.nesabamedia.com; reddoorz.blog; 24travel.id)

Apa yang mereka lakukan?













Lampiran 1.5 : Teks LHO “ Burung Gereja”

BURUNG GEREJA

Burung Gereja disebut juga burung Pingai adalah jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae. Burung Gereja mendiami kota-kota dalam jumlah yang sangat besar. Burung Gereja yang disebut juga Sparrow merupakan burung yang jinak dari semua burung liar dan memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya seperti perubahan kondisi cuaca, ketersediaan pakan maupun predator. Oleh karena itu, Burung Gereja dianggap sebagai burung yang tidak takut didekat manusia atau disebut human dominated ecosystem. Di Indonesia mungkin sering dijumpai di bawah atap gereja, hingga disebut Burung Gereja. Berikut ini akan dijelaskan karakteristik, cara berkembang biak dan mitos tentang Burung Gereja.

Burung Gereja memiliki panjang 10-15 cm , bentangan lebar sayap sekitar 21 cm, berat sekitar 24 gr. Mempunyai warna dominan coklat dan sedikit warna hitam putih pada masing-masing pipinya. Tidak ada perbedaan warna antara jantan dan betinanya. Untuk burung-burung yang lebih muda mempunyai warna yang lebih kusam daripada yang dewasa.



Burung Gereja memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memakan biji-bijian dan serangga. Mereka sangat

menyukai area pertanian dan peternakan. Hali ini karena banyaknya sumber penganan hewan tersebut pada lokasi -lokasi di atas.

Masa perkawinan dimulai dengan reaksi Burung Gereja jantan dalam menawarkan sarang yang telah ia buat. Memamerkan sarang tersebut untuk menarik perhatian betina. Sang jantan akan terus bercicit disekitar betina sambil memamerkan tarian-tarian unik dengan membuka sayap.

Namun tak semua trik tersebut disukai oleh sang betina, kadang justru timbul pertarungan antar keduanya jika sang betina sedang tak ingin diganggu. Sebaliknya Jika merasa puas dan nyaman, maka sepasang Burung Gereja tersebut akan melakukan perkawinan.

Burung Gereja mencapai tingkat kematangan untuk berkembang biak satu tahun dihitung dari saat dia menetas. Telur yang dihasilkan sekitar lima sampai enam telur di Eropa (dan jarang lebih dari empat di Indonesia). Telur berwarna putih hingga abu-abu pucat serta mempunyai bintik-bintik atau bercak-bercak kecil dengan diameter sekitar 2cm. Telur dierami oleh kedua orang tua selama 12-13 hari sebelum menetas, dan selanjutnya anak Burung Gereja akan diurus selama 15-20 hari oleh orang tuanya sebelum bisa terbang sendiri meninggalkan sarangnya.

Menurut jurnal karya Swaileh KM dan Sansur R dari Dept. of Biology and Biochemistry, Birzeit University yang meneiti      berapa      banyak      konsentrasi      logam      dalam      perut       Burung       Gereja, menyimpulkan bahwa keberadaan Burung Gereja di suatu wilayah bisa jadi petunjuk seberapa banyak tingkat polusi di daerah tersebut. Jadi, amatilah lingkungan dan sekeliling rumah. Apakah masih sering mendengar cicit Burung Gereja? Bila ya, berbahagialah karena kadar polutan di tempat bermukim masih bisa ditolerir.

(diadaptasi dari : https://hewanpedia.com/mengenal-burung-gereja-dan-berbagaifaktanya/ #ixzz7Bv3A5jUE)



Bila memungkinkan , Kalian dapan memindai kode QR di sampaing untuk melihat video Burung Gereja dan manfaatnya atau mengungjungi tautan di ini

https://www.youtube.com/watch?v=oR_Ty8gCA





 


Lembar Kerja 1.1


 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas X

Hari, Tanggal : …………………………

Nama : ………………………..

Nama Kelompok: ………………………..

 

Tujuan Pembelajaran (TP)

10.1 Peserta didik dapat menginterpretasi isi dan mengidentifikasi ciri teks laporan hasil observasi secara kritis dari hasil menyimak intensif.

 


Instruksi Penggunaan LK :


1. Sebelum menyimak, bacalah seluruh pertanyaan di LK ini!

2. Simaklah paparan teks yang dibacakan salah seorang temanmu dengan teknik menyimak intensif!

3. Anda boleh menggunakan buku catatan untuk menulis butir-butir yang disimak!

4. Jawablah pertanyaan sesuai perintah!

5. Anda diberi waktu 15 menit untuk mengisi LK dan boleh bertanya bila ada kendala

6. Bila sudah selesai, silakan kumpulkan di meja guru!


A. Menginterpretasi Isi Teks

1. Burung Gereja berasal dari spesies………………………………………………………………………………..

2. Di mana Burung Gereja suka bergerombol……………………………………………………………………

3. Mengapa Burung Gereja memiliki tingkat adaptasi yang tinggi ? Jelaskan!

………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Jelaskan istilah human dominated ecosystem pada Burung Gereja?

5. Berikan ceklis (V) pada pernyataan di bawah ini sesuai isi teks hasil simakan!


Pernyataan Sesuai Tidak Sesuai

Burung Gereja hanya memakan biji-bijian saja.

Saat masa perkawinan Burung Gereja yang paling agresif adalah burung jantan.

Burung Gereja bertelur antara 1-4 ekor.

Tidak ada perbedaan warna antara Burung Gereja jantan dengan Burung Gereja betina.

Menurut penelitrian, Burung Gereja menjadi indicator tingkat polusi suatu daerah.



B. Menganalisis Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi (pilih jawaban yang paling tepat!)

1. Teks LHO berjudul “Burung Gereja” yang Anda simak merupakan informasi hasil….

a. percobaan b. imajinasi c. studi pustaka d. pengamatan e. pengalaman

2. Informasi yang Anda simak dari teks LHO “ Burung Gereja” merupakan….

a. pendapat b. tanggapan c. fakta d. khayalan e.prosedur

3. Informasi yang disajikan pada teks LHO “ Burung Gereja” bersifat…

a. subjektif b. objektif c. aktif d. pasif e. sugestif

4. Setelah menyimak teks LHO “ Burung Gereja”, nilai lebih yang Anda dapatkan adalah…

a. menambah pengetahuan b. sebagai hiburan c. menambah imajinasi  e. promosi


 


Lembar Kerja 1.2


 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas X

Hari, Tanggal : …………………………

Nama kelompok: ………………………..

Nama Anggota : ………………………..

 

Tujuan Pembelajaran (TP)

10.2 Peserta didik dapat mengkreasi informasi teks  laporan hasil observasi secara cermat

 


Instruksi Penggunaan LK :

1. Sebelum mengerjakan LK 1.2, Anda harus mengikuti permainan “Kartu Nama Benda”

2. Setelah mendapatkan lembar kartu nama, buat kelompok berdasarkan kesamaan karakteristik nama benda dalam kartu. (lampiran 1.4)

3. Bila Anda bingung menentukan kelompok, silakan bertanya ke guru

4. Bila kelompok sudah lengkap, silakan Anda membaca  senyap teks LHO “ Burung Gereja”

lampiran 1.5

5. Silahkan berdiskusi untuk memperoleh jawaban soal yang sempurna (waktu diskusi 30’).

6. Anda akan diobservasi kinerja individu saat berdiskusi. (Lampiran 1.2)

7. Kelompok yang sudah selesai, silakan untuk mempresentasikannya. (lampiran 1.3)



A. Jawablah pertanyaan di bawah ini setelah Anda melakukan diskusi kelompok!

1. Informasi apa yang kalian dapatkan dari tiap paragraf teks LHO berjudul “ Burung

Gereja”

a. Paragraf 1 : ……………………………………………………………………………………………………….

b.   Paragraf 2 : ……………………………………………………………………………………………………….

c. Paragraf 3 : ……………………………………………………………………………………………………….

d.   Paragraf 4 : ……………………………………………………………………………………………………….

e.   Paragraf 5 : ………………………………………………………………………………………………………

f. Paragraf 6 : ………………………………………………………………………………………………………


B. Isilah bagan di bawah ini !

Paragraf Struktur Teks LHO Alasan

1

2

3

4

5

6



Nomor soal

Skor Max Keterangan

A

60 1. Merupakan Tes Formatif tertulis

C 40 2. Ketercapaian TP > (70% X Skor Total) =70

                            3. Skor di bawah 60 perlu perlakuan khusus

Jumlah Skor Total 100 dengan bimbingan guru.





Modul Ajar Teks Laporan Hasil Observasi

 



 

Lampiran 1.1 : Lembar Observasi Prilaku Menyimak


FORMAT PENILAIAN SEBAGAI PENYIMAK

Nama : ……………………………………..

Kelas : …………………………………….

Tanggal : …………………………………….



Perilaku Sering Kadang-kadang Tidak Pernah Komentar

Menyimak penuh perhatian

Adanya motivasi untuk menyimak

Menyimak secara utuh

Tidak mudah terganggu

Mencatat informasi penting

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sebagai bukti telah

menyimak

Catatan : Format dapat disederhanakan menjadi satu lembar untuk satu kelas

Lampiran 1.2 : Lembar Observasi Diskusi


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN DISKUSI KELOMPOK

Kelompok : ………………………………………………………..

Nama : ………………………………………………………..

Kelas : ………………………………………………………..

Tanggal : …………………………………………………………

Petunjuk : Barilah tanda ceklis (V) pada kolom yang tersedia berdasarkan penilaian Anda















 

Nilai Keaktifan :

Skor yang diperoleh Nilai =     

Skor Total maksimal Katergori :

Sangat aktif : 80% - 100%

Aktif : 70% - 79%

Kurang Aktif : 60% - 69% Tidak Aktif : < 60%

 



X 100%

 




 



Lampiran 1.3 : Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok


RUBRIK PRESENTASI KELOMPOK


Tanggal :………………………………………… Kelompok yang dinilai …………………………………………………….

Rubrik ini dirancang untuk menilai presentasi kelompok. Rubrik ini harus digunakan dengan memperhatikan penampilan kelompok secara keseluruhan, maupun kontribusi masing-masing anggotanya.

























Kelompok Penilai : …………………………………………


Paraf Anggota kelompok:



………………………………… ……………………………………..   ……………………………………   …………………………………

















 

J Kriteria Ketercapaian



1. Kriteria untuk mengukuí keteícapaian ľujuan Pembelajaían:

Peseíta didik mampu

menginterpretasikan isi teks LHO berjudul “Burung Gereja”;

mengidentifikasi ciri teks laporan hasil observasi ;

menganalisis struktur teks laporan hasil observasi;

menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi.


2. Bagaimana asesmen dilakukan?

Observasi guru selama kegiatan belajar berlangsung seperti aktivitas menyimak, diskusi, presentasi untuk asesmen formatif (lembar observasi terlampir)

Skor lembar kerja peserta didik untuk asesmen formatif (lembar kerja terlampir)


3. Skor Penilaian

Skor > 70 menunjukkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran




K Refleksi Guru




Setelah pelaksanaan pembelajaran modul 10.1 tentang menginterpretasi ,menganalisis, dan menilai teks LHO berakhir, guru akan merefleksi pelaksanaan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Apakah kegiatan pembelajaran tentang menginterpretasi, menganalisis, dan menilai teks LHO berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana?



2. Apakah tujuan pembelajaran berhasil dicapai?



3. Uraikan keberhasilan apa saja yang telah dicapai selama pelaksanaan pembelajaran!



4. Kesulitan atau kendala apa yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran?



5. Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut?



6. Apakah seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik?






 


Refleksi Peserta Didik

Nama: 

Kelas:



1. Bagaimana pemahaman Anda terhadap interpretasi isi teks LHO

sangat memahami

memahami

kurang memahami

belum memahami

2. Bagaimana pemahaman Anda terhadap identifikasi ciri teks LHO

sangat memahami

memahami

kurang memahami

belum memahami

3. Bagaimana pemahaman Anda terhadap analisis teks LHO

sangat memahami

memahami

kurang memahami

belum memahami

4. Bagaimana pemahaman Anda terhadap analisis struktur teks LHO

sangat memahami

memahami

kurang memahami

belum memahami

5. Bagaimana pemahaman Anda dalam menilai kualitas dan akurasi informasi teks LHO

sangat memahami

memahami

kurang memahami

belum memahami

6. Bagian manakah yang menurut Anda paling sulit dari pelajaran ini?



7. Apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?



8. Kepada siapakah Anda meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?



9. Menurut Anda bagian manakan pelajaran yang cukup menyenangkan dan diminati?



10. Jika Anda diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, bintang berapa yang akan Anda berikan atas usaha yang telah dilakukan dalam pembelajaran ini









 


L Pengayaan & Remidial



 

Pertemuan ke- Peserta Didik yang Mengalami

Kesulitan


1 - Peserta didik dilatih untuk bisa   menangkap informasi tersurat

- Peserta didik berlatih memahami informasi fakta dan konsep.

- Peserta didik berlatih menganalisis teks LHO sederhana berdasarkan strukturnya.



 

Bahan Pengayaan Peserta Didik




Peserta didik diberi tugas mencari contoh teks LHO dengan tema yang berbeda.

Peserta didik berlatih memahami informasi berdasarkan gaya belajarnya. Apakah termasuk visual, auditori, atau kinetik.






 


Post a Comment

Previous Post Next Post