CONTOH TEKS NEGOSIASI SINGKAT (KURIKULUM MERDEKA SMA)

March 12, 2024

Inilah contoh Teks Negosiasi singkat dengan judul "Negosiasi di Lingkungan Sekolah" dan "Pembelian Buku Novel Bekas di Pasar Loak"


Teks A

Negosiasi di Lingkungan Sekolah


Teks Negosiasi


Setelah bel pulang sekolah berbunyi, Robi tidak langsung pulang ke rumahnya seperti anak-anak yang lain. Ia memesan ojek di pangkalan ojek untuk pergi menuju tempat lesnya dan belajar di sana sampai maghrib.

Robi : Hai, Bang! Bisa anterin saya nggak?

Abang Ojek : Hai, Robi! Mau ke tempat les?

Robi : Iya, Bang, tempatnya di Cadika. Ongkosnya berapa kalo dari sini?

Abang Ojek : Rp20.000, Dek.

Robi : Wah, kok lebih mahal, Bang? Biasanya Rp12.000.

Abang Ojek : Iya nih, harga bensin lagi naik, Dek. Ke tempat les kan lokasinya lumayan jauh.

Robi : Aduh, tapi uang saya nggak banyak, Bang. Saya tambahin jadi Rp15.000 gimana?

Abang Ojek : Tambah Rp3.000 lagi, jadi Rp18.000 deh. Langsung gas, nih!

Robi : Oke deh Bang, yuk!

Abang Ojek : Gas! Berangkaaat….


Teks B

Pembelian Buku Novel Bekas di Pasar Loak

Teks Negosiasi


Anak: "Permisi, selamat sore."

Penjual: "Selamat siang, ada yang bisa saya bantu?"

Anak: "Saya sedang mencari novel Siti Nurbaya, apakah ada?"

Penjual: "Sebentar, saya carikan di rak. Silakan tunggu, ya!"

Anak: "Baik Pak, terima kasih."

Penjual: "Kebetulan masih tersisa satu, ini novelnya."

Anak: "Berapa harga buku ini, Pak?"

Penjual: "Rp60 ribu saja, Nak."

Anak: "Wah, harganya terlalu mahal untuk saya, Pak. Bagaimana jika Rp40 ribu saja, Pak?"

Penjual: "Buku ini sudah langka, jika harga segitu terlalu murah."

Anak: "Tapi uang saya tidak cukup, saya harap Bapak mau membantu untuk tugas sekolah saya."

Penjual: "Kalau harga serendah itu belum bisa. Bagaimana kalau pas Rp50 ribu saja. Ini sudah termasuk murah dan mungkin kalau kamu cari di toko buku lain sudah tidak tersedia."

Anak: "Baiklah, saya beli bukunya. Ini uangnya pas ya, Pak. Terima kasih."

Penjual: Iya, sama-sama."


No comments:

Powered by Blogger.