MATERI ASN BerAKHLAK EPISODE 4 ASN BERAKHLAK : Kompeten

March 14, 2024

Kompeten

Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Kompeten Yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Panduan perilaku (kode etik), sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
  2. Membantu orang lain belajar.
  3. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Kompetensi adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas jabatan (Pasal 1 Permenpan RB Nomor 38 Tahun 2017), dan kompetensi menjadi faktor penting untuk mewujudkan pegawai profesional dan kompetitif.

Sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi ASN, kompetensi meliputi: 1) Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan; 2) Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi; dan 3) Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang Jabatan, untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan.

Kompetensi yang harus dimiliki ASN meliputi 

1. KOMPETENSI TEKNIS yang diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen dan pengalamankepemimpinan

2. KOMPETENSI MANAJERIAL yang diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan

3. KOMPETENSI SOSIOKULTURAL yang diukur dari tingkat dan spesialisasi Pendidikan, pelatihan teknis fungsional & pengalaman bekerja secara teknis.

 

 

Sumber Belajar:

No comments:

Powered by Blogger.