MATERI ASN BerAKHLAK EPISODE 5 ASN BERAKHLAK : HARMONIS

March 18, 2024

 

Nilai Harmonis menekankan pentingnya membina lingkungan yang harmonis dengan menunjukkan kepedulian dan rasa hormat terhadap perbedaan. Nilai ini sangat penting untuk menciptakan budaya kerja yang positif dan inklusif dalam pegawai negeri. Ini mendorong pegawai negeri untuk bekerja sama secara kooperatif dan penuh hormat, baik di dalam tim mereka maupun ketika berinteraksi dengan publik.

Peluncuran nilai-nilai inti ini bertujuan untuk membakukan nilai-nilai fundamental dalam pegawai negeri Indonesia, memberikan kerangka kerja yang jelas dan mudah dipahami untuk diikuti oleh semua pegawai negeri sipil. Nilai-nilai tersebut tidak hanya berlaku di tingkat pusat tetapi juga di tingkat daerah, seperti yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo. Mereka berfungsi sebagai dasar untuk budaya kerja profesional dalam pegawai negeri, membimbing pegawai negeri dalam tanggung jawab sehari-hari dan interaksi mereka dengan publik.

Singkatnya, nilai Harmonis dalam Nilai Inti ASN 'BerAKHLAK' menggarisbawahi pentingnya membina lingkungan kerja yang harmonis dan inklusif, mempromosikan kerja sama, rasa hormat, dan pengertian di antara pegawai negeri dan dalam interaksi mereka dengan publik.

Dalam proses komunikasi tempat kerja banyak yang berjalan tidak efektif berakibat pada ketidak harmonisan dalam pekerjaan yang ujungnya berdampak kepada pelayanan. Berikut ini dampak yang mungkin sering anda temui akibat tidak harmonis yaitu:

1. Sering menimbulkan kesalah pemahaman karena ketidak harmonisan 

2. Salah informasi 

3. Memicu konflik dan perselisihan

4. Merenggangkan  

Karena dengan hal ini dapat merendahkan hubungan sosial bahkan sesama ASN, minimal konflik berkepanjangan yang ujungnya mengganggu pelayanan.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hubungan antar karyawan ditempat kerja yaitu yang ke 1). komunikasi,  2).  kepercayaan,  3).  etika, 4).  keadilan, 5).  empati,  6). hati-hati persepsi dan keyakinan.  Pelajari semboyan negara Indonesia yaitu tunggal ika yang berarti berbeda-beda namun tetap satu,  seorang ASN harus dapat penghargai setiap perbedaan dan latar belakang orang lain. penting bagi setiap PSN untuk dapat menciptakan dan membangun lingkungan kerja yang kondusif, karena dengan kenyamanan lingkungan kerja ASN diyakini dapat lebih produktif dalam memberikan pelayanan 

Berikut  panduan perilaku harmonis yakni: 

1. Menghargai orang apapun latar belakangnya 

2. Suka menolong orang lain 

3. Membangun lingkungan kerja yang kondusif

 Muhammad Yamin berkata cita-cita persatuan Indonesia bukan omong kosong tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa sendiri. Kata kuncinya “kami saling peduli dan menghargai perbedaan”, mari kita perlihara terus keharmonisan dilingkungan kerja.

No comments:

Powered by Blogger.