KUIS KONSEP ASESMEN DIAGNOSIS BERKALA TAHAP 1 – TOPIK 4


 

  1. Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam pembelajaran ialah…
    • Asesmen untuk proses belajar
    • Asesmen terhadap proses belajar
    • Asesmen dalam proses belajar
    • Asesmen sebagai proses belajar 
  2. Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah…
    • Asesmen dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
    • Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
    • Asesmen dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
    • Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya 
  3. Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar ialah…
    • Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
    • Menilai hasil belajar siswa
    • Monitoring dan refleksi proses belajar siswa
    • Mendiagnosis kesulitan belajar siswa 
  4. Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman siswa menguasai materi yang disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah menerapkan salah satu dari kategori asesmen..
    • Asesmen untuk proses belajar
    • Asesmen terhadap proses belajar
    • Asesmen dalam proses belajar
    • Asesmen sebagai proses belajar 
  5. Berikut ini merupakan tujuan merancang asesmen diagnosis berkala yaitu..
    • Menilai hasil belajar siswa
    • Melibatkan orang tua dalam proses belajar anak
    • Memfasilitasi sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
    • Memetakan kemampuan belajar siswa 
  6. Menurut Anda, kapan waktu yang tepat untuk melakukan asesmen diagnosis berkala?
    • Di awal saat hendak memulai topik/materi pembelajaran
    • Di akhir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
    • Saat melaksanakan pembelajaran
    • Dilaksanakan secara rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran 
  7. Asesmen diagnosis berkala termasuk ke dalam asesmen…
    • Asesmen sumatif
    • Asesmen formatif
    • Asesmen terhadap proses belajar
    • Asesmen diagnostik 
  8. Berikut ini merupakan keterkaitan antara asesmen diagnosis berkala dengan asesmen formatif, kecuali…
    • Orientasi pada proses belajar siswa
    • Dilakukan secara berkala saat pembelajaran berlangsung
    • Mengukur hasil belajar siswa
    • Memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis 
  9. Asesmen diagnosis berkala dilakukan melalui tiga tahap mencakup persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja yang dilakukan dalam tahap persiapan?
    • Menyusun 10 soal sederhana
    • Memberikan asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
    • Mengolah hasil asesmen
    • Melakukan asesmen diagnosis kognitif 
  10. Apa harapan Anda saat melakukan ketiga tahap asesmen diagnosis berkala?
    • Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
    • Mengukur pencapaian hasil belajar siswa
    • Mengembangkan potensi dan minat siswa
    • Melibatkan orang tua dalam asesmen

cr : https://gurubaru.com/2020/10/04/kuis-konsep-asesmen-diagnosis-berkala-tahap-1-topik-4/

Post a Comment

Previous Post Next Post