SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1
PPG BAHASA INDONESIA ANGKATAN 5
Disusun Oleh
Fitri Andiani, S.Pd.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
PPG DALAM JABATAN
BAHASA INDONESIA
JAKARTA
2019
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Plered
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 - 2020
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 x 45 Menit)
Kompetensi Inti (KI) :
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 | : | Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”. |
KI 3 | : | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. |
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Tujuan Pembelajaran | Materi Pembelajaran | Metode Pembelajaran | Evaluasi Pembelajaran | Sumber Belajar |
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek d alam buku kumpulan cerita pendek. | 3.9.1 Memahami unsur-unsur pembangun cerita pendek. 3.9.2 Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek. | Melalui kegiatan diskusi dan pemberian materi unsur pembangun cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Kooperatif Learning, diharapkan peserta didik mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia, terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
| Materi pembelajaran Cerita Pendek. Berikut ini materi yang akan disampaikan.
Unsur pembangun cerita pendek
Pemahaman unsur pembangun cerita pendek.
Menulis cerita pendek dengan memerhatikan unsur pembangun cerita pendek.
Menyimpulkan unsur pembangun cerita pendek dalam kehidupan sehari-hari. | Demonstrasi, Copy The Master, Tanya jawab, Diskusi, Presentasi, Ceramah dan Praktik. | Teknik :
Bentuk :
Karakter :
Kerjasama, Percaya Diri, Disiplin, Tanggung jawab. |
| |
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek. | 4.9.1 Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek. 4.9.2 Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun. | Teknik :
Bentuk :
Karakter :
Kerjasama, Percaya Diri, Disiplin, Tanggung jawab. |