CONTOH PENGEMBANGAN SILABUS KURTILAS (K13) BAHASA INDONESIA - PPG UHAMKA 2019 JAKARTA

 SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1

PPG BAHASA INDONESIA ANGKATAN 5




Logo-UHAMKA-Original.jpg



Disusun Oleh
Fitri Andiani, S.Pd.


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA

PPG DALAM JABATAN 

BAHASA INDONESIA

JAKARTA

2019


SILABUS

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Plered

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : XI / Ganjil

Tahun Pelajaran : 2019 - 2020 

Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 x 45 Menit)

Kompetensi Inti (KI) :

KI 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI 3

:

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


No

Kompetensi Dasar

Indikator

Tujuan Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Evaluasi Pembelajaran

Sumber Belajar


3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek d alam buku kumpulan cerita pendek.


3.9.1 Memahami unsur-unsur pembangun cerita pendek.

3.9.2 Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek.


Melalui kegiatan diskusi dan pemberian materi unsur pembangun cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Kooperatif Learning, diharapkan peserta didik mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia, terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :

  1. Memahami unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan benar.

  2. Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan tepat.

  3. Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek dengan tepat.

  4. Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun dengan teliti.

Materi pembelajaran Cerita Pendek. Berikut ini materi yang akan disampaikan.

  • Fakta

Unsur pembangun cerita pendek

  • Konsep

Pemahaman unsur pembangun cerita pendek. 

  • Prosedur

Menulis cerita pendek dengan memerhatikan unsur pembangun cerita pendek.

  • Metakognitif

Menyimpulkan unsur pembangun cerita pendek dalam kehidupan sehari-hari.

Demonstrasi, Copy The Master, Tanya jawab, Diskusi, Presentasi, Ceramah dan Praktik.

Teknik :

  • Tes tulis.

Bentuk :

  • Latihan soal.

Karakter :

  • Jujur,

Kerjasama,

Percaya Diri, Disiplin, Tanggung jawab.




4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek.


4.9.1 Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek.

4.9.2  Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.


Teknik :

  • Unjuk kerja.

Bentuk :

  • Diskusi kelompok.

Karakter :

  • Jujur,

Kerjasama,

Percaya Diri, Disiplin, Tanggung jawab.



Post a Comment

Previous Post Next Post