Menyusun Kembali Teks Ceramah Dengan Mudah

Assalamualaikum semuanya, semoga tetap sehat ya.

kali ini mari kita perdalam pembicaraan mengenai keterampilan berbicara di depan umum. saat kamu belajar bahasa indonesia, kamu dituntut untuk dapat memiliki 4 keterampilan utama yaitu, menulis, membaca, menyimak, dan berbicara.

berkaitan dengan literasi, 4 keterampilan tadi amat sangat berkaitan loh. kamu bisa dikatakan memiliki literasi yang baik apabila 4 keterampilan di atas telah kamu kuasai dengan baik. karena literasi tidak hanya sekedar membaca saja. 

4 Jenis Buku Ajar Sesuai Ristekdikti - Penerbit Deepublish

Nah, untuk itu mari kita perdalam materi menyusun kembali teks ceramah yang telah kamu simak atau kamu baca sebelumnya. 

Menyusun kembali Teks Ceramah harus memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan juga strukturnya. sebelum kita bahas lebih jauh, ada hal yang perlu kamu ketahui dan kamu pahami dulu sebelumnya yaitu mengenai pengertian ceramah, kebahasaan, dan juga strukturnya. 

untuk itu jangan lupa di baca dulu ya di link berikut ini

Belajar Public Speaking melalui Teks Ceramah


setelah kamu paham mengenai pengertian, kebasaan, dan struktur teks ceramah, maka hal yang perlu kamu lakukan untuk mampu menyusun kembali teks ceramah dengan mudah adalah sebagai berikut:

1. Baca/simak terlebih dahulu ceramah yang akan kamu susun ulang.

2. Tuliskan informasi penting yang kamu baca/dengar ke dalam kalimat-kalimat majemuk. Baca 👇

Berkenalan dengan Jenis-jenis Kalimat Majemuk di Bahasa Indonesia

3. Berikutnya adalah menuliskan simpulan ceramah yang telah kamu baca/dengar.

4. Setelah kamu menuliskan beberapa informasi penting berupa kalimat-kalimat majemuk dan simpulan, langkah selanjutnya adalah cari tujuan yang ingin disampaikan dari ceramah tersebut, kata-kata yang mengandung unsur/kaidah kebahasaan seperti konjungsi, kata mental, dll, dan juga 3 struktur teks ceramah tentunya.



Perhatikan Teks Ceramah berikut!


Pentingnya Pendidikan Moral


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas rezeki, karunia dan rahmat-Nya yang begitu besar.

Tak lupa mari kita curahkan juga shalawat dan salam kepada junjungan alam, nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan kita semua selaku umatnya.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT,

Sesungguhnya suatu bangsa menjadi lebih maju dan dihormati bukan karena kecanggihan dan perkembangan teknologinya saja. Melainkan juga diikuti oleh pendidikan moral yang baik.

Lalu bagaimana dengan pendidikan moral di Indonesia? Bisa kita lihat sendiri dari tingkah laku masyarakatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat harusnya diseimbangkan dengan kemajuan cara berpikir pula. Sebagai orang tua, tentu kita bertanggung jawab terhadap perkembangan dan pendidikan moral putra-putri kesayangan kita.

Kita harus bisa membimbing mereka agar tetap berada di jalan yang benar dan bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Jangan hanya memberikan nasihat-nasihat dan teori saja, hendaknya para orang tua juga mencontohkan secara langsung bagaimana seharusnya moral yang baik itu.

Misalnya, membantu nenek-nenek menyebrang jalan, menahan pintu masuk mini market ketika ada orang lain yang mau masuk.

Dan jauhi anak-anak dari tontonan tidak bermanfaat seperti prank-prank yang tidak berguna di media sosial itu. Itu tindakan yang sangat tercela dan merugikan orang lain.

Jangan pula mengajarkan memesan makanan dengan ojek online, namun kemudian membatalkan pesanannya ketika sudah dibeli.

Anak-anak dan remaja itu biasanya mengikuti lingkungannya, dan keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan anak-anak.

Untuk itu, selaku orang tua mari kita terus belajar dan menumbuhkan empati serta moral yang baik bagi anak. Jangan hanya mengandalkan sekolah saja karena kita, keluarga, adalah lingkungan terdekatnya.

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf bila ada salah kata yang menyinggung hati. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi panutan yang baik anak-anak demi pendidikan moral bangsa yang lebih baik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Mari Berlatih 🖊🖊🖊

Susunlah kembali teks ceramah di atas yang berjudul "Pentingnya Pendidikan Moral" dengan format berikut agar kamu mudah menjawabnya.




Post a Comment

Previous Post Next Post