RSS

Debut di 20 Tahun ( ㅕㅣ뭏 ㅅ모ㅕㅜ)


Saengil chukha hamnida

Saengil chukha hamnida

Saengil chukha hamnida

saranghae Ale kyung Soo

saengil chukha hamnida.....






TIUP LILIN... ABIS ITU BACA DOA.....

HAHAHAHAHHAHAHA :D


yeeeessssss. pas sekarang UMUR gue 20 tahun ni chingudeul. ya ampun gak kerasa banget padahal baru kemaren deh gue berojol dari nyokap gue. *hahahahahahahahaha


banyak banget kenangan, pelajaran, kebahagiaan, kesedihan, dan semua rasa yang seabreg pernah gue dapet dari awal gue dilahirkan ampe gw segede ini.


TERIMAKASIH buat Allah SWT yang udah menciptakan gue jadi kayak gini, alhamdulilah mata gue dikasih DUA, tangan dikasih DUA, kaki dikasih DUA, pokoknya tubuh gue ini bisa dikatakan lengkap dan sempurna. *TAPI MAKSUDNYA BUKAN SEMPURNA MELEBIHI RASULULLAH YA CHINGUDEL... :D


masih banyak kekurangan yang ada didiri gue, terutapa SIKAP DAN TINGKAH LAKU gue yang masih belum 100 % sesuai dengan kata SEMPURNA alias sesuai dengan anjuran agama yang gue anut.


tapi gue juga akan selalu berusaha dan berdoa supaya gue terus-terusan dikasih rahmat, magfiroh, hidayah dari ALLAH swt agar gue bisa lebih baik dari yang sebelumnya paling engga menjadi seorang MUSLIMAH lah yaaaa :)

Terimakasih buat RASULULLAH dan para sahabat, tabiin, dan semua kaum muslim yang udah berjuang menyebarkan dan mengajarkan agama yang mulia ini yang sampe akhirnya gue jg menganutnya :)


*hehehehehehe ko gue kayak lagi ceramah yaaa???

TERUSSSSS, buat Nyokap,Nyokap, Nyokap, Nyokap, dan BOkap gue yang udah merawat gue dengan penuh kasih sayang. buat Keluarga gue juga, gue ucapin terimakasih banyak..... :D

selanjutnya buat temen-temen gue, sahabat gue, dari SD, SMP, SMA, dan PERGURUAN TINGGI gue ucapin banyak-banyak TERIMAKASIH karena udah mau menerima gue menjadi temen yang hadir di kehidupan kalian...

begitu juga buat orang yang HADIR dan PERNAH HADIR di kehidupan gue, yang udah buat gue bahagia, sedih dan yang lainnya.

dan seperti orang yang ulang tahun lainnya gue juga punya pemintaan alias doa dan harapan yang gue ingin gue capai... Ini chingudeul LISt DOA dan HARAPAN gue :)


1. menjadi seorang muslimah sejati, AMIN

2. dipanjangkan UMUR, AMIN

3. umur BONYOK gue juga dipanjangkan, AMIN

4. mudah rejeki baik gue, maupun kedua bonyok gue, AMIN

5. semua keluarga gue bahagia, AMIN

6. teman-teman gue bahagia, AMIN

7. mantan gue juga bahagia, AMIN *hahahahahaha :D

8. guru-guru gue juga bahagia, AMIN

9. pokoknya semua orang yang pernah berurusa sama gue BAHAGIA dunia maupun akhirat, AMIN

10. bisa masuk SURGA dan dimudahkan segala urusan di dunia maupun di akhirat, AMIN

11. memiliki pacar dan yang akhirnya bisa menjadi imam yang bebar-benar baik, bisa membawa gw kesurga, dan kehidupan gue kelak bahagia. AMIN

12. dape IP dan IPK yang bagus setiap semesternya, AMIN

13. LULUS kuliah dengan cepat dan mudah, AMIN

14, bisa langsung diterima dimasyarakat. AMIN

15. Dilancarkan urusan KULIAHnya. AMIN

16. DAN SEMUA HARAPAN-HARAPAN BAIK terkabul, AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN


dan buat DO KYUNG SOO, JUSTIN BIEBER, LEE MIN HOO, dan semua IDOLA dunia gue Semoga kalian diberi rahmat dan hidayah sama ALLAh swt dan bisa masuk Islam. AMINNNNNNNN


nah itu chingudeul list doa dan harapan gue ditahun ini. semoga terkabul yaaaa AMIIIIINNNN :)


# berharap DO kyung soo ngucapin selamat ulang tahun buat gue.... :D





MAKASIH DO KYUNG SOO, Hahahahahahahahahaha :D *mimpi apa gue semalem dapet ucapan dari Do kyung soo :)


okeeeh, inilah postingan gue di umur yang ke-20 :)


GAMSAMNIDA........ ANNYEONGGGG :D









Lirik lagu Rain Sound - B.A.P (ㄱ먀ㅜ 내ㅕㅜㅇ)


hujan.... oh, hujan....

kayaknya ini lagu dari B.A.P cocok banget buat hujan-hujanan deh. nah loooohhhh?????? :D

engga ding... jadi ceritanya gini chingu ...
gue lagi suka banget sama lagunya B.A.P yang judulnya RAIN SOUND.

nah ini LIRIK lagunya B.A.P yang yang bakalan gue posting !!!

*ni lagu enak  bangeut loh chingudeul... cobain geh kalian dengerin :)


B.A.P - RAIN SOUND 

o uwo ouwo uwo ouwo uwo ouwo

noran yojan hollanseuroun mundap
Kau adalah gadis yang memberikan pertanyaan dan jawaban yang membingungkan
ibeul damunda sarangeul ibyore mutda changbakken ijoborin bibarami bunda
Aku memendam cinta yang terkunci dalam bibir dengan perpisahan, Badai yang terlupakan berhembus di luar jendela
sebyoge deutneun radio sorien iksukhan eumakdeul
Dini hari, musik-musik terkenal terdengar dari radio
ni senggangnagien ttak joa
Saat yang tepat memikirkanmu
bioinneun kopijan du ge
Dua cangkir kopi yang telah kosong
niga omneun jari nan weroumgwa datune
Tanpamu aku bertarung dengan rasa sepi di sini


honja gilgorireul gotda jaju gadon kape yonghwagwaneul bonda
Menonton film, pergi ke kafe biasanya, dan berjalan sendirian

najocha chuoge jamgineunde non ottolkka?
Aku bahkan mengunci diriku dalam kenangan, bagaimana denganmu?
i nalssi on-gi seuchineun baramkkajido giogi nalkka?
Akankah aku mengingat musim ini, kehangatan ini, hingga angin yang menyentuh?
geujo jinagan heukbek pilleum chorom ichyojil saram
Orang yang terlupakan seperti di film hitam putih yang berlalu
ajikdo nol geuriwohada nan jami deuro
Aku masih merindukanmu bahkan saat tertidur
bi nerineun bam oneureun nan jam mot irwo
Di malam ini hujan turun, dan aku tak bisa tidur


i bissoriga ni moksorinji
Suara hujan ini, apakah suaramu?
nal bureuneun sorinji naman nol senggakhani?
Apakah suaramu memanggilku? Apakah hanya aku yang memikirkanmu?
i biga nareul wirohejulkka
 Akankah hujan ini membuatku nyaman?
iron ne mameuralkka jakku niga senggangna
Apakah kau mengerti perasaanku?Aku terus menerus memikirkanmu


o uwo ouwo uwo ouwo uwo ouwo

 nol yonpillo geuryoboda nerineun bitmuriran jiugero jiwobonda
Aku mencoba menggambarmu dengan pensil ini, dan mencoba menghapusmu dengan penghapus berupa air hujan yang turun

o uwo ouwo uwo ouwo uwo ouwo

nol oneuldo geuryobonda nega nol jiul su isseulkka?
Meskipun hari ini aku mencoba menggambarmu, bisakah aku melupakanmu?


seppalgan usan
Payung merah tua
chukchugi jojeun otgwa undonghwa
Sepatu karet dan bajuku yang lembab
boilloreul kkotda kyotda
Aku menghidupkan dan mematikan pemanas
mwor-hedo mareuji ana
Apapun yang kulakukan ini tak akan kering
geuge ne maminji aninji
Apakah itu perasaanku atau bukan?
hollanseuroun mundap
Tanya jawab yang membingungkan

bi neridon nal noege banheso
Aku jatuh cinta padamu di hari dimana hujan turun
urin sororeul cham manido saranghesso
Kita sudah saling sangat mencintai
(guji esso) geurol piryo obsotdon gotman gataso
(berusaha keras) Sepertinya tak ada yang perlu dilakukan
mang-mami apo (mami apo)
sehingga hatiku terasa sakit (hatiku sakit)

(men choeumbuto ne wenjjok gaseume noran-go jinhage namgyo)
Sejak awal pertama aku mendekapmu di dada kiriku, dan kau tersimpan dengan kuatnya)

jigeumeun gipsugi bakhyoborin papyon chorom namaso
Sekarang kau tersisa seperti fragmen yang melekat
non nareul kkeurodanggyo
Kau mendorongku
no obsido sal su itdan gojitmal heborin got gata mameul borijiman
Kurasa aku telah berbohong bahwa aku dapat hidup meskipun tanpamu
ajikdo nol geuriwohada nan jami deuro
aku membuang perasaanku namun
bi nerineun bam oneureun nan jam mot irwo
Di malam ini hujan turun, dan aku tak bisa tidur


i bissoriga ni moksorinji
Suara hujan ini, apakah suaramu?
nal bureuneun sorinji naman nol senggakhani
Apakah suaramu memanggilku? Apakah hanya aku yang memikirkanmu?
i biga nareul wirohejulkka
Akankah hujan ini membuatku nyaman?
iron ne mameuralkka jakku niga senggangna
Apakah kau mengerti perasaanku? Aku terus menerus memikirkanmu


haneura nal dowajwo
Tuhan, tolonglah aku
i bireul jom momchwojwo
Hentikan hujan ini sebentar saja
geu ereul ijeul su itge Oh No
agar aku bisa melupakan gadis itu oh no


i bissoriga ni moksorinji
Suara hujan ini, apakah suaramu?
nal bureuneun sorinji naman nol senggakhani
Apakah suaramu memanggilku? Apakah hanya aku yang memikirkanmu?
i biga nareul wirohejulkka
Akankah hujan ini membuatku nyaman?
iron ne mameuralkka jakku niga senggangna (jakku niga senggangna)
Apakah kau mengerti perasaanku?Aku terus menerus memikirkanmu (terus menerus memikirkanmu)


o uwo ouwo uwo ouwo uwo ouwo

chang bakke ullineun bissori
Suara hujan yang turun di luar jendela
senggagi na uriye giogi
Aku teringat akan kenangan kita
I cant leave without u girl
Aku tak bisa hidup tanpamu girl
bi nerineun narimyon geuriwo nowaye immatchum
Saat hujan turun aku selalu bertemu denganmu


o uwo ouwo uwo ouwo uwo ouwo

chang bakke ullineun bissori
Suara hujan yang turun di luar jendela
senggagi na uriye giogi
Aku teringat akan kenangan kita
I cant leave without u girl
Aku tak bisa hidup tanpamu girl
bi nerineun narimyon onjedeun nowa majuchineun-gol
Saat hujan turun aku selalu bertemu denganmu


Ayoooo berwisata ke Purwakarta (쟌ㅁㅅㅁ)

"Tuhan menciptakan dunia ini seindah mungkin untuk kita makhluk yang khusus diciptakan untuk menempati bumi ciptaannya"

satu kutipan cukup kali yaaa, buat mengawali postingan gue kali ini... berhubung gue putri daerah yang cinta akan daerahnya sendiri maka gue bakalan memposting tempat-tempa wisata yang ada di PURWAKARTA. 

duh, jadi deg-degan gini nih kalo udah menyangkut nama negara. hahahahaha :D *lebe banget ya gue

so, ini nih chingudeul salah satu tempat wisata pertama yang ada di Purwakarta.



buat yang udah tahu, atau bahkan emang orang Purwakartanya sendiri pasti akan sangat tahu foto apa yang ada di atas. hehehehe yuppsss, SITU WANAYASA. nah ini tuh terletak di jalur alternatif purwakarta - cagak - lembang - bandung.  


 nah chingudeul, lanjut nih geser sedikit, setelah melihat situ alias danau. di daerah wanayasa juga menyediakan wisata air terjun.








 nah di air terjun cipurut ini selain suasana yang sejuk bisa di rasain di sini keramahan para penduduknya sekitar wisata ini juga menjadi bumbu pnyedap di wisata ini. *hehehe gaya ya gue pake bumbu penyedap segala

lanjut nih guys...







 bagi warga purwakarta khususnya plered, pasti gak bakalan asing lagi ama yang namanya danau CIRATA. hehehe, sebenarnya ini tuh sebuah bendungan guys tapi dimanfaatkan kembali sama yang punya tempat mulai dari jalan, taman samapai kuliner di sediakan disini jadi buat kalian yang liburan kesini di jamin kenyaaaaaaang. hahahahaha :D





nah dari ketiga gambar atau foto diatas nih guys, merupakan gambar-gambar yang membuktikan keindahan cirata. ada keunikan di sini loh guys. jika musim liburan, seperti biasa tempat wisata ini pasti penuh.... g hanya liburan biasa, hari-hari biasa pun terutama weekend banyak yang datang kesini khususnya remaja. *beuuuh ini mah yang mau pacaran ...

nekt, lanjut ke gunung yang ada di purwakarta nih guys..










 ini nih buat yang suka panjat-panjatan.... hahaha *kaya monyet aja nih
 uppppsssss..... :D


asal tahu aja ya chingu gue juga pernah tuh manjat gunung bongkok.. itu loh gunung yang gue posting terakhir di jajaran gunung-gunung itu.... hehehehe




nah chingu kalo kaliat emang niat buat memanjat kedua gunung tersebut. nih contoh jalur alternatif yang bakan kalian lalui... semuanya pohon karet... beuhhh tambah keren aja kan perjalanan kalian chingudeul!!!


*jangan salah sangka ya itu yang di gambar buakan sepeda gue ya.... hahahahaaaaa...





nah ini nih.... hehehe lanjut maksudnya chingudeullll :D

gambar yang gue kasih diatas tuh adalah gambar DANAU JATILUHUR. yaaa gue yakin si kalo misalnya kalian bukan orang Purwakartanya pun pasti pernah lah ya denger tentang danau ini. *secara danau ini kan paling luas se-purwakarta :D






keren kan pemandangannya chingudeul????..... iya dong.... secara gitu ciptaan tuhan gak ada yang jelek :D


jatiluhur selain pemandangannya yang keren juga sering didatangi para wisatawan yang berhobi mancing. alias para pemancing.... hahahaha :D *jadi inget program TV ntu tuhhhhh 



nahhhh ..... :O


ini nih chingudeul rajanya... engga sih tapi pokoknya ini salah satu tempat wisata yang ada di pusat kota purwakarta. namanya SITU BULEUD.... kenapa dinamakan situ buleud???? situ = danau, buleud = bulat. jadi situ buleud = danau yang bentuknya bulat. gitu chingudeul kira-kira... *udah cocok jadi pemandu wisata belum ya gueee :)





situ buleud ini sengaja di bangun oleh pemerintah purwakarta sebagai wisata yang bisa di nikmati di hiruk pikuknya kota purwakarta :D




noh gue udah ngebebein semua tempat wisata yang ada di PURWAKARTA. kota kelahiran gue nih chingudeul..



sebenernya maih bnyak lagi tempat wisata yang belum gue post sekalian gue datengin #SEBENERNYA


so, buat kalian yang pada bingung mau liburan, rekreasi, piknik, atau hanya jalan-jalan semata cobain deh alternatif wisata yang ada di Kota gue yaitu PURWAKARTA, west java :D



sekian chingudeul.... buat kalian semua yang takut nyasar bisa ko calling gue aja... urusan bayar membayar ... itu bisa di atur... hahahahahahaha :D



Annyeooooongggg :D

Konsep Dasar BK (셯ㅁㄴ)


Nama : fitri andiani (1103632)
Kelas : Dik B 2011
Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling

KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING
A.    Sejarah Bimbingan dan Konseling

            Gerakan bimbingan lahir pada tanggal 13 Januari 1908 di Amerika, dengan didirikannya suatu vocational bureau tahun 1908 oleh Frank Parsons yang utuk selanjutnya dikenal sebagai “Father of The Guedance Movement in American Education”. yang menekankan pentingnya setiap individu diberikan pertolongan agar mereka dapat mengenal atau memahami berbagai perbuatan dan kelemahan yang ada pada  dirinya dengan tujuan agar dapat dipergunakan secara intelijensi dengan memilih pekerjaan yang terbaik yang tepat bagi dirinya.
            Sampai awal abad ke-20 belum ada konselor di sekolah. Pada saat itu pekerjaan-pekerjaan konselor masih ditangani oleh para guru. Gerakan bimbingan disekolah mulai berkembang sebagai dampak dari revolusi industri dan keragaman latar belakang para siswa yang masuk ke sekolah-sekolah negeri. Perkembangan tanggal 20 Mei 1908 lahirlah gerakan Budi Utomo yang berusaha memperjuangkan kemajuan bangsa dalam segala lapangan kebudayaan. Sejak saat itu muncul berbagai gerakan yang mulai terorganisir dengan baik. Tahun 1922 lahir Perguruan Nasional Taman Siswa.
 Keberadaan Bimbingan dan Penyuluhan secara legal formal diakui tahun 1989 dengan lahirnya SK Menpan No 026/Menpan/1989 tentang Angka Kredit bagi Jabatan Guru dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Di dalam Kepmen tersebut ditetapkan secara resmi adanya kegiatan pelayanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Akan tetapi pelaksanaan di sekolah masih belum jelas seperti pemikiran awal untuk mendukung misi sekolah dan membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan mereka. Sampai tahun 1993 pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah tidak jelas, parahnya lagi pengguna terutama orang tua murid berpandangan kurang bersahabat dengan BP. Muncul anggapan bahwa anak yang ke BP identik dengan anak yang bermasalah, kalau orang tua murid diundang ke sekolah oleh guru BP dibenak orang tua terpikir bahwa anaknya di sekolah mesti bermasalah atau ada masalah. Hingga lahirnya SK Menpan No. 83/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang di dalamnya termuat aturan tentang Bimbingan dan Konseling di sekolah. Ketentuan pokok dalam SK Menpan itu dijabarkan lebih lanjut melalui SK Mendikbud No 025/1995 sebagai petunjuk pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Di Dalam SK Mendikbud ini istilah Bimbingan dan Penyuluhan diganti menjadi Bimbingan dan Konseling di sekolah dan dilaksanakan oleh Guru Pembimbing. Di sinilah pola pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah mulai jelas.
B.     Landasan Filosofis Bimbingan dan Konseling
Kata filosofis atau filsafat berasal dari bahasa Yunani: Philos berarti cinta dan sophos berarti bijaksana, jadi filosofis berarti kecintaan terhadap kebijaksanaan. Sikun pribadi mengartikan filsafat sebagai suatu “usaha manusia untuk memperoleh pandangan atau konsepsi tentang segala yang ada, dan apa makna hidup manusia dialam semesta ini.
Dengan berfilsafat seseorang akan memperoleh wawasan atau cakrawala pemikiran yang luas sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat tentang prinsip-prinsip filosofis dalam bimbingan sebagai berikut:
1.    Bimbingan hendaknya didasarkan kepada pengakuan akan kemuliaan dan harga diri individu dan hak-haknya untuk mendapat bantuannya.
2.     Bimbingan merupakan proses yang berkeseimbangan
3.    Bimbingan harus Respek terhadap hak-hak klien
4.    Bimbingan bukan prerogatif kelompok khusus profesi kesehatan mental
5.    Fokus bimbingan adalah membantu individu dalam merealisasikan potensi dirinya
6.    Bimbingan merupakan bagian dari pendidikan yang bersifat individualisasi dan sosialisasi
Landasan filosofis merupakan landasan yang dapat memberikan arahan dan pemahaman khususnya bagi konselor dalam melaksanakan setiap kegiatan bimbingan dan konseling yang lebih bisa dipertanggungjawabkan secara logis, etis maupun estetis. Landasan filosofis dalam bimbingan dan konseling terutama berkenaan dengan usaha mencari jawaban yang hakiki atas pertanyaan filosofis tentang : apakah manusia itu ?
Makna dan fungsi filsafat dalam kaitanya dengan layanan bimbingan dan konseling, Prayitno dan Erman Amti (dalam Yusuf, 2010) mengemukakan pendapat Belkin (1975) yaitu bahwa, “Pelayanan bimbingan dan konseling meliputi kegiatan atau tindakan yang semuanya diharapkan merupakan tindakan yang bijaksana. Untuk itu diperlukan pemikiran filsafat tentang berbagai hal yang tersangkut-paut dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Pemikiran dan pemahaman filosofis menjadi alat yang bermanfaat bagi pelayanan bimbingan dan konseling pada umumnya, dan bagi konselor pada khususnya, yaitu membantu konselor dalam memahami situasi konseling dalam mengambil keputusan yang tepat. Disamping itu pemikiran dan pemahaman filosofis juga memungkinkan konselor menjadikan hidupnya sendiri lebih mantap, lebih fasilitatif, serta lebih efektif dalam penerapan upaya pemberian bantuannya.

  1. Landasan Psikologis Bimbingan dan Konseling
Landasan psikologis merupakan landasan yang dapat memberikan pemahaman bagi konselor tentang perilaku individu yang menjadi sasaran layanan (klien). Untuk kepentingan bimbingan dan konseling, beberapa kajian psikologi yang perlu dikuasai oleh konselor yaitu :
a.      Motif dan Motivasi
Motif dan motivasi berkenaan dengan dorongan yang menggerakkan seseorang berperilaku baik motif primer yaitu motif yang didasari oleh kebutuhan asli yang dimiliki oleh individu semenjak dia lahir, seperti : rasa lapar, bernafas dan sejenisnya maupun motif sekunder yang terbentuk dari hasil belajar, seperti rekreasi, memperoleh pengetahuan atau keterampilan tertentu dan sejenisnya. Selanjutnya motif-motif tersebut tersebut diaktifkan dan digerakkan,– baik dari dalam diri individu (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)–, menjadi bentuk perilaku instrumental atau aktivitas tertentu yang mengarah pada suatu tujuan.
b.      Pembawaan dan Lingkungan
Pembawaan dan lingkungan berkenaan dengan faktor-faktor yang membentuk dan mempengaruhi perilaku individu.
c.       Perkembangan Individu
Perkembangan individu berkenaan dengan proses tumbuh dan berkembangnya individu yang merentang sejak masa konsepsi (pra natal) hingga akhir hayatnya, diantaranya meliputi aspek fisik dan psikomotorik, bahasa dan kognitif/kecerdasan, moral dan sosial.
d.      Belajar
Belajar merupakan salah satu konsep yang amat mendasar dari psikologi. Manusia belajar untuk hidup. Tanpa belajar, seseorang tidak akan dapat mempertahankan dan mengembangkan dirinya, dan dengan belajar manusia mampu berbudaya dan mengembangkan harkat kemanusiaannya. Inti perbuatan belajar adalah upaya untuk menguasai sesuatu yang baru dengan memanfaatkan yang sudah ada pada diri individu.
e.       Kepribadian
Kata kunci dari pengertian kepribadian adalah penyesuaian diri. Scheneider dalam Syamsu Yusuf (2003) mengartikan penyesuaian diri sebagai “suatu proses respons individu baik yang bersifat behavioral maupun mental dalam upaya mengatasi kebutuhan-kebutuhan dari dalam diri, ketegangan emosional, frustrasi dan konflik, serta memelihara keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan tersebut dengan tuntutan (norma) lingkungan.
D.    Landasan Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Pendidikan di sekolah tidak hanya dilakukan melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran, pelatihan yang dilakukan oleh guru praktik, tetapi juga kegiatan konseling yang dilakukan oleh konselor untuk membantu individu dalam mencari dan menetapkan pilihan serta mengambil keputusan yang menyangkut kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kehidupan belajar, perencanaan dan pengembangan karir, serta kehidupan keberagamaan. Mutu pendidikan di sekolah akan dapat diwujudkan bilamana dilaksanakan oleh guru mata pelajaran, guru praktik, dan konselor yang kompeten dan profesional yang mampu mengelola proses pendidikan secara profesional. Artinya, mampu mentransformasikan kemampuan profesional yang dimilikinya ke dalam tindakan yang nyata didasarkan kepada pelayanan keahlian dalam mengelola pendidikan, baik pelayanan dalam pembelajaran, pelatihan, maupun konseling terhadap peserta didik yang menjadi tanggungjawabnya di sekolah. Dalam pelaksanaan pendidikan tidak hanya didasarkan pada  pelayanan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran dan layanan pelatihan yang dilakukan oleh guru praktik, tapi juga pada pelayanan  konseling yang dilakukan oleh konselor sekolah. Melalui layanan konseling, konselor akan membantu terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengatasan masalah agar  peserta didik berkembang secara optimal, mandiri dan bahagia.
Konseling tidak hanya dipelajari sebagai seperangkat teknik, melainkan sebagai kerangka berpikir dan bertindak yang bernuansa kemanusiaan dan keindividuan. Nuansa dimaksud akan lebih tampak pada masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge based society) yang menempatkan orientasi kemanusiaan dan belajar sepanjang hayat sebagai central feature kehidupan masyarakat masa kini dan yang akan datang. Proses pendidikan tidak lagi sebagai proses parsial, melainkan sebagai proses holistik yang memadukan persiapan hidup dan dunia kerja yang mencakupi seluruh domain belajar, yang memadukan pendidikan umum dan kejuruan sebagai suatu kontinum pengetahuan, nilai,kompetensi,dan keterampilan. Dalam perspektif ini,konseling memiliki peran membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan belajar baru dan memberdayakan mereka dalam memperoleh keseimbangan hidup, belajar,dan bekerja. Konseling menjadi proses sepanjang hayat (lifelong counseling) yang dapat diakses secara berkelanjutan oleh seluruh lapisan masyarakat, berorientasi holistic, mampu menyediakan layanan dalam rentang yang lebar dan bervariasi, termasuk kelompok masyarakat yang beruntung.
E.     Landasan Sosial-Budaya Bimbingan dan Konseling
Landasan sosial-budaya merupakan landasan yang dapat memberikan pemahaman kepada konselor tentang dimensi kesosialan dan dimensi kebudayaan sebagai faktor yang mempengaruhi terhadap perilaku individu. Seorang individu pada dasarnya merupakan produk lingkungan sosial-budaya dimana ia hidup. Sejak lahirnya, ia sudah dididik dan dibelajarkan untuk mengembangkan pola-pola perilaku sejalan dengan tuntutan sosial-budaya yang ada di sekitarnya. Kegagalan dalam memenuhi tuntutan sosial-budaya dapat mengakibatkan tersingkir dari lingkungannya. Lingkungan sosial-budaya yang melatarbelakangi dan melingkupi individu berbeda-beda sehingga menyebabkan perbedaan pula dalam proses pembentukan perilaku dan kepribadian individu yang bersangkutan. Apabila perbedaan dalam sosial-budaya ini tidak “dijembatani”, maka tidak mustahil akan timbul konflik internal maupun eksternal, yang pada akhirnya dapat menghambat terhadap proses perkembangan pribadi dan perilaku individu yang besangkutan dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya.
Dalam proses konseling akan terjadi komunikasi interpersonal antara konselor dengan klien, yang mungkin antara konselor dan klien memiliki latar sosial dan budaya yang berbeda. Pederson dalam Prayitno (2003) mengemukakan lima macam sumber hambatan yang mungkin timbul dalam komunikasi sosial dan penyesuain diri antar budaya, yaitu : (a) perbedaan bahasa; (b) komunikasi non-verbal; (c) stereotipe; (d) kecenderungan menilai; dan (e) kecemasan. Kurangnya penguasaan bahasa yang digunakan oleh pihak-pihak yang berkomunikasi dapat menimbulkan kesalah pahaman. Bahasa non-verbal pun sering kali memiliki makna yang berbeda-beda, dan bahkan mungkin bertolak belakang.

Daftar Pustaka
Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. 2012. Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Program PascaSarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Olivia, Wieke Octora. 2012. Sejarah Bimbingan dan Konseling. [Online]. Tersedia: http://butterfly31girl.blogspot.com/2012/05/sejarah-perkembangan-bimbingan-dan.html. [ 21 Februari 2013].
Sudrajat, Akhmad. 2008. Landasan Bimbingan Dan Konseling. [Online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/25/landasan-bimbingan-dan-konseling/. [ 21 Februari 2013].

salahtiga peran guru dalam BK (셯ㅁㄴ)


Nama : Fitri Andiani (1103632)
Kelas : Dik B 2011
Mata kuliah : Bimbingan dan Konseling

PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

¨  Mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan
Maksudnya disini adalah menentukan siapa siswa yang memerlukan bantuan karena masalah yang dihadapinya. Misalnya ada seorang siswa yang memilki masalah dirumahnya. Seperti kasus broken home, akan banyak sekali masalah yang timbul dan disinilah peran BK dibutuhkan. Sebagai guru kita harus bisa mengetahui dan ikut andil dalam masalah yang dihadapi siswa. Untuk itu setiap hari atau paling tidak seminggu sekali guru harus mengecek keadan siswa apakah itu mempunyai masalah atau tidak baik masalah dengan teman, keluarga, masyarakat, pelajaran bahkan trehadap guru sekalipun.

¨  Mengenal siswa secara pribadi.
Dalam proses membantu untuk menangani masalah yang dihadapi oleh siswa guru disini harus memahami dan mengenal betul siswa tersebut secara pribadi. Karena ini akan memperlancar penanganan yang dihadapi siswa tersebut. Misalnya dalam kasus broken home, siswa akan stress jika ia terus-terusan menghadapi orang tuanya yang sering bertengkar. Berbagai masalah pun akan muncul. Disini guru sebagai orang tua di sekolah harus bisa merasakan apa yang terjadi dengan para siswanya yang memang memiliki masalah. Jika memang siswa tersebut memiliki masalah, maka guru harus menindak lanjuti masalah ini, ia harus mulai menyelidiki masalah yang dihadapi siswa tersebut dengan berbagai pertanyaan yang langsung ditanyakan kepada siswa tersebut atau melalui teman-temannya. Dan disini guru memang harus lebih mengenal siswa secara pribadi agar siswa tersebut bisa mengutarakan masalah yang dihadapinya dengan lancar agar dalam proses penyelesaian masalah bisa cepat teratasi.

¨  Menjadi jembatan antara rumah dengan sekolah untuk kepentingan bantuan.
Disini guru adalah sebagai jembatan antara siswa dengan lingkungan atau sesuatu yang menjadi penyebab masalahnya. Untuk itu seorang guru harus lah bisa menjembatani antara korban dengan penyebab masalahnya. Misalnya dalama kasus broken home, seorang anak akan semakin jauh dengan orang tuanya karena kurangnya perhatian dari orang tuanya sendiri. Maka peran guru disini harus bisa membuat orang tua siswa lebih bisa memperhatikan siswa tersebut, agar anaknya yaitu siswa tadi bisa belajar dengan baik tanpa terbebani atas masalah yang dihadapinya. Yaitu dengan cara meberi tahu orang tua siswa dan memberi pengertian agar orang tua tersebut tidak sampai menelantarkan atau tidak memberi perhatian terhadap anaknya.

Graffity - berawal dari dongeng :D (ㅎㄱㅁㄹ랴쇼)


tahu ga chingu apa tulisan yang ada di atas???

hehehehe... buat orang yang normal aja kayaknya agak susah nih buat bacanya, apalagi buat yang..... *buta huruf 

jadi.. ternyata gambar diatas ntuh namanya GRAFFITY chingu :D

wooooww :O

hahaha sedikit curhat ni chingu, gue emang gak jago gambar kayak anak" seni rupa, tapi sedikit" gue agak bisa lah.. hahahaha *tetep narsis

jadi gini asal muasal kenapa gue suka bikin graffity. #saatnya mendongeeeeeeeeeeng :D

HAHAHAHA...... $#^%$@@$&^))(**&**&&&&*(^%$$@!@####

waduhhh... :D jadi dulu pas gue SMA. jiaaaah dulu berasa tua banget gue kalo ngomong DULU. hahaiiii :D
lanjuttttt, gue ngoleksi wallpaper di hape. nah diantara ksemua koleksi wallpaper gue ada terselip yang namanya graffity ini. gue liatin... *sambil cengo. ni bacaanya apa.. ni orang yang bikin bisa gitu ya bikin kata yang pajelit kalo orang sunda bilang *sundanese.

trus..... lanjut cerita nih chingu, dongsaeng alias adek gue gak sengaja gue liat lagi bikin coretan" gitu. trus gue tanya apaan nih ko gak kebaca. *tampang OON. nah semenjak itu gue mulai coba" buat bikin graffity. yaaaaa walaupun gak seKEREN, seWOW, seCETAR syahrini. nah loh, kok syahrini sih. hahaha maksud gue gak seHEBAT para kreator graffity yang sudah Profesional *gue gak salah nulis kan??? :D

so, semenjak kejadian itu beberapa hasil karya gue sudah tercipta, ceeeileeeeh KARYA... hahaha ya pokoknya itu lah yah chingu..

well, ini gambar" graffity gue yang pernah gue buat waktu SMA :D

















nah yang ini gue buat pas lagi kuliah alias sekarang" ini...



ini pesenan temen gue yang berhasil gue bikinin :D







nah kurang lebih itu graffity yang udah gue buat. gak ada kata berhenti buat gue STOP bikin graffity.. mulai dari keisengan, bete, ampe niat banget... itu yang gue rasain ketika gue membiarkan tangan gue beraksi di selembar kertas putih. hahahaha *so puitis

tapi chingu selama gue bikin graffity satu keinginan gue yang paling ingin gue coba... apa coba???? hayooo???...

yuuuuuupppssss... BIKIN GRAFFITY DI TEMBOK alias DI TEMPATNYA. secara gitu graffity kan coretan tembok. gak puas kalo gue gak pernah bikin graffity di tembok.

gak muluk" kan chingu??? nah oleh karena itu kalo chingu" semua punya tembok yang kosong boleh tuh buat gue bereksperimen... hhhhaaaaaahahaha sebagai kelinci percobaan. engga ding sebagai gaffity tembok gue yang pertama. :D

nah segitu dulu buat Graffity nya.. nanti gue pasti ngpost karya gue selanjutnya. so, ANNYEOOOOOONG !!!!! :D :D :D ^______^


Sepenggal cerpen (ㅊㄷ게두)


Karena Cinta Itu Cinta
Cerita itu dimulai ketika aku mulai masuk SMA. Saat dimana para remaja seumuranku maresakan indahnya cinta. Namun cerita itu tak sama denganku. Namaku Cinta, tapi kata cinta yang dirasakan para remaja itu sedikitpun tidak melintas dibenakku.
Kata orang cinta itu indah, cinta itu mmanis, tapi ada juga yang mengatakan bahwa cinta itu menyakitkan. Aneh sekali apa yang dinamakan cinta itu, Sedih dan bahagia bisa di dapatkan dalam waktu yang bersamaan.
Mungkin karena namaku Cinta, aku jadi sial dan cinta tidak mau mendekatiku. Wajahku tidak jelek-jelek amat, bahkan semua teman-temanku kebanyakan cowok. Tapi ada satu hal yang membuat orang enggan mendekatiku, yaitu karena aku cuek banget sama cowok. Selain itu gayaku yang tomboy membuat cowok ilfeel sama aku. Itu mungkin hanya pendapatku saja, soalnya tanda-tanda seorang cowok menyukaiku saja tidak aku rasakan sama sekali. Sampai-sampai teman-temanku bilang kalau aku tidak normal. Memangnya aku cewek apaan?
Pagi itu aku hendak menyimpan sepeda di tempat parkir sekolah. Tapi ada hal yang membuat berbeda di hari itu, tempat parkir yang biasa kutempati ternyata ditempati orang. Motor sport terlihat sedang berdiri kokoh di atas standar motor itu. Namun anehnya aku baru melihat motor itu. Dan akupun penasaran siapa orang yang punya motor itu. Kudekati motor itu dengan perlahan dan sedikit mengendap-endap, dari belakangku ternyata ada seseorang yang hampir saja menakutkanku. Aku pun kepalang kaget, helm yang aku pegang pun dengan tidak sengaja mendarat di muka orang itu. PLAKKKK !!!!
“awwww”  Teriak orang itu kesakitan.
“ maaf-maaf” ucapku sambil melepaskan helm ditanganku.
Ternyata itu anak baru di sekolahku. Aku bisa bilang seperti itu karena aku baru melihatnya. Dan tatapan mata itu mengapa begitu aneh dipikiranku. Kebetulan kita memang saling bertatapan, namun hal itu pun segera berakhir ketika cowok itu maju ke arahku hingga sampai ke motor  yang baru saja merebut tempat parkirku itu. Ia mengambir map dan melesat pergi menjauh tanpa mengatakan hal apapun kepadaku. Aku pun terdiam sebentar namun diamku itu akhirnya buyar ketika sahabatku sedari kecil memanggilku namanya virgo.
Di koridor sekolah kulihat orang-orang sedang berkerumun, aku pun sontak kaget dan bertanya-tanya apa yang membuat orang-orang itu sam pai histeris seperti itu. Memang kebanyakan dari mereka adalah para cewek-cewek sekolah yang keganjenan, dan centi-centil. Ihhh aku merasa jijik dengan sikap mereka yang seperti itu. Ketika ku perhatikan tiba-tiba dari kerumunan tersebut keluar seorang  cowok yang tadi kutemui di parkiran sekolah.
Ketika aku sampai dikelas, aku dan virgo pun segera duduk. Bel masuk pun berbunyi, seoarang guru terlihat masuk keruangan kelasku dan disusul seorang cowok yang sudah dua kali ku temui hari ini. Semua cewek di kelasku pun teriak histeris entah apa yang membuat mereka seperti itu namun satu hal aku sama sekali tidak tertarik untuk mengikuti mereka.
Seminggu telah berlalu, sekolahku bagaikan ajang pertis dengan para penggemarnya. Dan telah menjadi cerita public bahwa yang menjadi artis di sekolahku selama sepekan ini adalah anak baru itu. Lebih-lebih lagi ketika anak baru itu masuk tim basket sekolah. aku sebel banget melihat anak baru itu. Otakku mau pecah jika melihat dia di kerumuni anak-anak sekolah. bukannya aku sirik, aku hanya tidak suka dengan orang yang berlebihan seperti anak baru itu.
PLAAAKKKKK!!!! Bola basket menjurus kepadaku. Kepalaku pusing, dan aku tak ingat apapun. Tiba-tiba ketika aku sadar, aku sudah terbaring lemas di ruang UKS sekolah.
“kamu tidak apa-apa?” Tanya seorang cowok yang kulihat menungguku di UKS sekolah.
Dengan mata sedikit berkaca-kaca kubuka kelopak mataku perlahan-lahan dan ternyata aku kaget bukan kepalang, cowok yang sengaja menungguku di ruang UKS adalah Raka anak baru yang menjadi bulan-bulanan anak cewek di sekolah.
“heyy, kamu tidak apa-apa kan?” Tanyanya lagi.
Aku benar-benar kaget dan membuat mulutku seakan-akan tidak bisa terbuka untuk mengucapkan satu kata pun.
“oh, aku minta maaf. Tadi aku tidak sengaja melempar bola basket, dan ternyata kena kepalamu.” ucap Raka dengan senyuman ramahnya.
Aku semakin tidak bisa berkata-kata sedikitpun. Entah mengapa mulutku seakan terkunci dan tak bisa membuka untuk mengucapkan satu kata pun.
“Cinta…!!!” seru virgo masuk dengan cemas menemuiku.
Dengan spontan aku pun langsung menarik virgo keluar tanpa memperdulikan Raka yag sedari tadi menungguku.
Kejadian itu benar-benar membuatku bungkam seribu bahasa. Sudah tiga hari mulutku bungkam, virgo pun merasa aneh kepadaku. Pikiranku benar-benar habis. Raka benar-benar membuatku tidak bisa berkata apa-apa. Entah sihir apa yang membuatku jadi seperti ini.
“cinta, ada yang aneh darimu. Kamu kenapa sih??” pertanyaan itu sering
 Kali terlintas di benakku. tapi entahlah akupun tak bisa menjawabnya.
Setelah seminggu berlalu, aku pun sudah kembali seperti aku yang dulu. Pagi itu aku dan virgo berangkat sekolah bareng dengan sepeda kami masing-masing. Tiba-tiba dari belakang ada motor menikung dan memotong ,perjalanan kami. Aku sangat terkejut, virgo pun sama.
“hai Cinta!!!” tegur seorang cowok membuka helm dan turun dari motor itu.
Terlihat sosok Raka, tiba-tiba jantungku berdegub dengan kencang. Aku pun semakin gugup melihatnya.
“hey, apa-apan ini seenaknya saja memotong jalan orang” sahut virgo terkesan marah.
Anehnya Raka hanya tersenyum dan ia pun kembali memakai helmnya dan pergi meninggalkan kami. Aku dan Virgo merasa aneh dengan tingkah laku Raka barusan. Dia memang orang aneh pikirku dalam hati.
Semua anak berkerumun di depan madding sekolah, entah apa yang menyebabkan mereka seperti itu. Aku mendekat dan semua orang meledekku. Aku tidak terima apa yang mereka katakana lalu aku mendekat ke mading ternyata disana terlihat Raka menungguku dan senyum kepadaku.
“apa-apaan ini????” Tanya Virgo.
Virgo mendekat dan mendahuluiku untuk sampai tepat di depan Raka. Virgo merasa Raka sedang mengerjai cinta dan ia sangat tidak terima bila apa yang di pikirkannya itu benar. Raka mendekan kepadaku dan mengucapkan sesuatu hal yang tak pernah aku sangka.
“Cinta aku menyukaimu” kalimat itu sangat jelas terucap, hingga semua anak yang menyaksikan itu menjerit.
Aku benar-benar gugup seperti mendapat serangan jantung dan membuatku tidak bisa berkata apa-apa. Dan kejadian ini lebih dari kejadian di UKS lalu.
Entah apa yang membuatku menerima raka sebagai pacarku tapi itulah cinta sulit dipahami. Satu minggu jadian dengan Raka membuatku bahagia. Dulu melihat orang pacaran bagitu aneh tapi sekarang aku merasakannya. Tapi kebahagiaan itu runtuh seketika, disaat aku tahu bahwa ternyata Raka jadian denganku karena mendapat tantangan dri temannya. Dan itu hanya sekedar taruhan???? Aku benar-benar lemas mendengar berita itu. Virgo memang mengetahui hal itu dari temannya, dan memberitahukaanya kepadaku. Awalnya aku tak mempercayainya tapi aku melihat sendiri Raka mendapat uang hasil taruhannya itu. Aku marah besar pada waktu itu dan menampar Raka hingga dia terjatuh. Aku merasa kekesalanku harus terlampiaskan padanya waktu itu juga tapi Virgo menghentikanku.
“aku benci kamu Raka!!!” satu tembakan menembus foto Raka.
Virgo memang mengerti segala yang kurasakan. Ia pun mengusulkan agar aku melampiaskan segala kemarahaku pada sehelai kertas yang terpampang foto Raka.
Rasanya malas jika harus ke sekolah. Raka menjadi musuh pertama yang tidak ingin kutemui. Apalagi aku dan dia sekelas. Setelah sekian lama rasa benci itu pun akhirnya pudar. Tidak ada rasa suka bahkan benci yang terlintas di pikiranku jika melihat Raka. Syukurlah, karena tidak baik membenci orang terlalu lama. Itulah kata-kata yang sering ku dengar dari mulut virgo. Sahabatku itu memang sangat baik terhadapku. Dan entah mengapa aku memendam rasa suka terhadapnya, tapi aku tidak mau mengatakannya karena aku tahu CINTA itu mungkin tidak akan selamanya seperti namaku CINTA. Mungkin saja namaku bisa dikenang orang tapi orang yang mempunyai nama itu pun pasti akan meninggal. Maka aku putuskan untuk memendam semua perasaanku pada virgo.