RSS

salahtiga peran guru dalam BK (셯ㅁㄴ)


Nama : Fitri Andiani (1103632)
Kelas : Dik B 2011
Mata kuliah : Bimbingan dan Konseling

PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

¨  Mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan
Maksudnya disini adalah menentukan siapa siswa yang memerlukan bantuan karena masalah yang dihadapinya. Misalnya ada seorang siswa yang memilki masalah dirumahnya. Seperti kasus broken home, akan banyak sekali masalah yang timbul dan disinilah peran BK dibutuhkan. Sebagai guru kita harus bisa mengetahui dan ikut andil dalam masalah yang dihadapi siswa. Untuk itu setiap hari atau paling tidak seminggu sekali guru harus mengecek keadan siswa apakah itu mempunyai masalah atau tidak baik masalah dengan teman, keluarga, masyarakat, pelajaran bahkan trehadap guru sekalipun.

¨  Mengenal siswa secara pribadi.
Dalam proses membantu untuk menangani masalah yang dihadapi oleh siswa guru disini harus memahami dan mengenal betul siswa tersebut secara pribadi. Karena ini akan memperlancar penanganan yang dihadapi siswa tersebut. Misalnya dalam kasus broken home, siswa akan stress jika ia terus-terusan menghadapi orang tuanya yang sering bertengkar. Berbagai masalah pun akan muncul. Disini guru sebagai orang tua di sekolah harus bisa merasakan apa yang terjadi dengan para siswanya yang memang memiliki masalah. Jika memang siswa tersebut memiliki masalah, maka guru harus menindak lanjuti masalah ini, ia harus mulai menyelidiki masalah yang dihadapi siswa tersebut dengan berbagai pertanyaan yang langsung ditanyakan kepada siswa tersebut atau melalui teman-temannya. Dan disini guru memang harus lebih mengenal siswa secara pribadi agar siswa tersebut bisa mengutarakan masalah yang dihadapinya dengan lancar agar dalam proses penyelesaian masalah bisa cepat teratasi.

¨  Menjadi jembatan antara rumah dengan sekolah untuk kepentingan bantuan.
Disini guru adalah sebagai jembatan antara siswa dengan lingkungan atau sesuatu yang menjadi penyebab masalahnya. Untuk itu seorang guru harus lah bisa menjembatani antara korban dengan penyebab masalahnya. Misalnya dalama kasus broken home, seorang anak akan semakin jauh dengan orang tuanya karena kurangnya perhatian dari orang tuanya sendiri. Maka peran guru disini harus bisa membuat orang tua siswa lebih bisa memperhatikan siswa tersebut, agar anaknya yaitu siswa tadi bisa belajar dengan baik tanpa terbebani atas masalah yang dihadapinya. Yaitu dengan cara meberi tahu orang tua siswa dan memberi pengertian agar orang tua tersebut tidak sampai menelantarkan atau tidak memberi perhatian terhadap anaknya.

0 komentar:

Poskan Komentar