SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA (WAJIB)


         Hallo semua.. setelah sekian lama akhirnya gue balik lagi di blog yang udah sekian lama tak kusinggahi sampe buluk kayaknya ni blog.
kali ini gue balik dengan misi yang baik. haha... berhubung gue bergelut dalam dunia pendidikan kali ini gue mau kasih tahu kalian soal contoh pengembangan silbus yang udah gue buat sendiri.
         Berhubung KURTILAS ini sudah membabi buta dimana-mana so gue pun bakala ikut-ikutan memeriahkan moment ini.
jadi kalau gue baca format silabus di permen itu minimal harus 7 kolom dalam mengembangkan silabus yang ada.
inilah contoh pengembangan silabus yang sudah gue buat.


SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA 
(WAJIB)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Plered
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
NO KD  KOMPETENSI DASAR  MATERI PEMBELAJARAN  KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM JP
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.1. Mendefinisikan tentang isi pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.2. Mengidentifikasikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.3. Mendeskripsikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.4. Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
3.1.5. Mengklasifikasikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.6. Menemukan data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.10. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.11. Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
3.1.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.1. Mendefinisikan tentang isi pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.2. Mengidentifikasikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.3. Mendeskripsikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.4. Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
3.1.5. Mengklasifikasikan tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.6. Menemukan data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.10. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.11. Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
3.1.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
3.1.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. Fakta : semua contoh Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
4.1.1. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
4.1.2. Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
4.1.3. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang pokok laporan hasil observasi: pernyataan umum; hal yang dilaporkan; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
Buku Paket Bahasa Indonesia
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Isi pokok laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• hal yang dilaporkan;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
           
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
3.2.1. Mendefinisikan tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.2. Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan
3.2.3. Mengidentifikasikan tentang isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
3.2.4. Mendeskripsikan tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.5. Mengklasifikasikan tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.6. Menemukan data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.8. Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan
3.2.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
3.2.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan. Fakta : semua contoh Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
4.2.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
4.2.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang isi pokok teks laporan hasil observasi: pernyataan umum; deskripsi bagian; deskripsi manfaat; dan kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat)
4.2.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Isi pokok teks laporan hasil observasi:
• pernyataan umum;
• deskripsi bagian;
• deskripsi manfaat; dan
• kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
           
3.3 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
3.3.1. Mendefinisikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.2. Mengidentifikasikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.3. Mendeskripsikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.4. Mengklasifikasikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.5. Menemukan data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.7. Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.3.8. Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan
3.3.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.1. Mendefinisikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.2. Mengidentifikasikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.3. Mendeskripsikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.4. Mengklasifikasikan tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.5. Menemukan data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.7. Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.3.8. Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan
3.3.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
3.3.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
4.3.1. memverifikasi 
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan reko-mendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. Fakta : semua contoh Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
4.3.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
4.3.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang isi teks eksposisi: pernyataan tesis; argumen; pernyataan ulang; dan kebahasaan
4.3.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun
4.3.4. Mengomentari tentang kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Isi teks eksposisi:
• pernyataan tesis;
• argumen;
• pernyataan ulang; dan
• kebahasaan.
Komentar terhadap:
• Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
           
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
3.4.1. Mendefinisikan tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.2. Mengidentifikasikan tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.3. Mendeskripsikan tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.4. Mengklasifikasikan tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.5. Menemukan data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.7. Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca
3.4.8. Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan
3.4.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
3.4.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. Fakta : semua contoh Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
4.4.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
4.4.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Struktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan); argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan pernyataan ulang. Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi
4.4.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Struktur teks eksposisi:
• pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
• argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
• pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
• kalimat nominal dan
• kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
• deduksi dan
• induksi
           
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
3.5.1. Mendefinisikan tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.2. Mengidentifikasikan tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.3. Mendeskripsikan tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.4. Mengklasifikasikan tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.5. Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.6. Menemukan data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.8. Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
3.5.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
3.5.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis Fakta : semua contoh Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
4.5.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
4.5.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Isi teks anekdot: peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur anekdot: peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
4.5.3. Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Isi teks anekdot:
• peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
• peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
           
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
3.6.1. Mendefinisikan tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.2. Mengidentifikasikan tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.3. Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan
3.6.4. Mendeskripsikan tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.5. Mengklasifikasikan tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.6. Menemukan data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.8. Menyusun kembali teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
3.6.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis Fakta : semua contoh • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
4.6.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
4.6.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
4.6.3. Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah • Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
           
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.1. Mendefinisikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.2. Mengidentifikasikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.3. Mendeskripsikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.4. Mengklasifikasikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.5. Menemukan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.7. Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat
3.7.8. Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat
3.7.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. Fakta : semua contoh • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.3. Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah • Karakeristik hikayat.
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
           
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
3.8.1. Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat
3.8.2. Mendefinisikan tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.3. Mengidentifikasikan tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.4. Mendeskripsikan tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.5. Mengklasifikasikan tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.6. Menemukan data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.8. Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
3.8.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. Fakta : semua contoh • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
4.8.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
4.8.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
4.8.3. Mempresesntasikan, menanggapi, dan  merevisiteks cerpen yang disusun
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah • Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
           
3.9 Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.gkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
* Mengamati dan mengindetifikasi fakta-fakta yang berkaitan dengan • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
3.9.1. Mendefinisikan tentang ikhtisar
3.9.2. Mengidentifikasikan tentang ikhtisar
3.9.3. Mendeskripsikan tentang ikhtisar
3.9.4. Mengklasifikasikan tentang ikhtisar
3.9.5. Menemukan data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.7. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.8. Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.9. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.10. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang ikhtisar
3.9.11. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang ikhtisar
2 8 Buku Paket Bahasa Indonesia
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. Fakta : semua contoh • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
  yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi 
* Mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga mendapatkan suatu konsep yang berkaitan dengan • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
Buku Pengayaan/Pendamping Buku Paket
    Prinsip : definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
* Menguji validitas/kesahihan terhadap beberapa prinsip yang berkaitan dengan • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
4.9.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang ikhtisar
4.9.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang ikhtisar
4.9.3. Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.4. Mempresentasikan,  mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan
Kumpulan Soal-Soal UN/SBM PTN
    Konsep : dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
* Menyajikan secara prosedural langkah-langkah penyelesaian terkait konsep • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
  Buku Paket Bahasa Indonesia
    Prosedur : langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah • Ikhtisar
(Ungkapan,Majas, Peribahasa)
           
Plered, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Plered, Guru mata pelajaran,
Hj. Ipit Rahmiati, S.Pd., M.M. Fitri Andiani, S.Pd.
NIP 19640225 198902 2 002

Post a Comment

Previous Post Next Post