cara memotret yang keren dengan Handphone Android Pribadimu

August 31, 2020


Halo Semuanya...

Melalui postikan kali ini mari kita belajar cara memotret objek dengan handphone pribadimu. 

Handphone merupakan barang yang selalu kamu bawa kemana pun, mulai dari pergi ke daerah yang jauh, berwisata, sampai tempat yang dekat dengan mu pun tak luput dari genggaman. Banyak hal yang tidak kamu sadari mengenai handphone ini, dibalik positif dan negatifnya, handphone seolah dapat mengasingkanmu dari dunia sosial. 

Berhubungan dengan media sosial, dewasa ini masyarakat modern lebih tertarik bermain-main di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan media lainnya. Tak jarang Flatform tersebut juga sering dijadikan untuk berbagi kisah berupa Foto maupun Video. Nah, untuk membuatmu semangat dalam mengabadikan momenmu dimanapu, Yuk belajar cara memotret foto dengan handphone sebagus mungkin, cermati trik berikut ini ya....


1. Gunakan Bantuan Cahaya dari Belakang atau Samping 

Salah satu teknik fotografi android yang paling sederhana adalah mempertimbangkan arah cahaya sebelum memotret. Cahaya lampu atau matahari sangat membantu agar objek terlihat lebih tajam, terang, dan mencolok. Akan lebih bagus lagi jika cahaya tersebut berasal dari belakang objek yang akan difoto. Selain membuat foto tampak lebih terang, pantulan cahaya menambah keindahan foto. Jadi, kamu harus peka terhadap cahaya yang ada disekitar objek.

Cara Foto yang Bagus


2. Cari Fokus dengan Mendekati Objek

Salah satu keterbatasan memotret menggunakan Android adalah resolusi. Saat kamu menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, maka resolusi akan cenderung menurun. Hasilnya, foto akan tampak lebih buram dan tidak cerah. Nah, bagaimana cara mencari fokus untuk mendapatkan hasil foto yang indah? Gunakan cara manual yaitu dengan mendekatkan HP atau layar kamera HP ke objek. Dengan cara manual ini, resolusi kamera tidak akan berkurang sehingga hasil foto pun lebih maksimal.


cara memotret yang bagus


3. Stabilkan Tangan Kamu

Cara memotret yang bagus dengan kamera HP Android sebenarnya tidaklah rumit. Selain memilih HP dengan fitur kamera yang mumpuni, kamu juga harus menstabilkan tangan kamu saat memotret. Jika tanganmu bergetar atau goyang, maka hasil fotonya akan cenderung blur atau tidak jelas. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan tripod kamera HP. Tripod kamera HP akan menjaga kestabilan HP sehingga kamu bisa memotret objek dengan maksimal tanpa getaran atau goyangan sedikit pun.


4. Atur Shutter Speed Kamera Android Kamu (jika kamu mau)

Cara foto yang bagus selanjutnya adalah dengan mengatur Shutter speed. Ini sangat berguna untuk kamu yang ingin memotret berdasarkan cahaya yang diserap oleh kamera. Cara mengatur shutter speed pada kamera Android pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi kamera yang sudah banyak tersedia di Google Play Store. Unduh aplikasi kamera tersebut lalu cari fitur atau tool “Shutter” pada aplikasi tersebut. Kemudian, kamu harus memilih kecepatkamera misalnya 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. Semakin lama kecepatan shutter speed maka kamera akan menyerap banyak cahaya. Sedangkan semakin cepat shutter speed maka kamera akan menyerap sedikit cahaya. Jika sudah, potret objek seperti biasa dan kamera HP kamu akan memiliki kecepatan shutter sesuai dengan apa yang sudah kamu atur sebelumnya.

Ingin Setting Kamera HP Secara Manual? Unduh 7 Aplikasi Terbaik Ini!


5. Angle is everything

Pernah liat postingan viral di Facebook dengan judul di atas? Jika pernah, pasti kamu tahu bahwa sudut pemotretan itu sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Demikian juga saat memotret dengan kamera handphone. Perhatikan angle yang kamu pilih, setidaknya kamu sudah bisa membayangkan hasil fotonya nanti seperti apa. kamu bisa memotret dengan posisi potrait atau landscape.


6. Editing

Jangan meremehkan proses editing ini. Jika kamu jago mengedit, bisa-bisa foto muka sendiri sudah tak dikenali lagi hehehe. Inti dari proses editing adalah supaya fotomu tampak lebih bagus lagi. Kata bagus di sini tentu subjektif sekali, apa yang menurutmu bagus belum tentu menurut orang lain serupa. Tips sederhananya adalah biarkan hasil fotomu tampak simple, karena yang berlebihan tentu hasilnya kurang baik. Beberapa hal utama adalah masalah cropping (contoh membuat horizon tampak lurus), koreksi warna, ataupun terang dan gelap foto. Beberapa aplikasi foto yang cukup terkenal dan powerful untuk ini adalah Photoshop mobile, VSCO, Snapseed dan semacamnya.

10 Aplikasi Android Edit Foto HP Terbaik 2020 | REVIEW1ST.COM


Sekian postingan kali ini semoga kamu bisa mengaplikasikannya ya, selamat belajar...


Sumber: https://gizmologi.id/tips/9-cara-foto-yang-bagus-hp-android/

No comments:

Powered by Blogger.