RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI TEKS PROSEDUR (PJJ)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) 

 

 

Sekolah           : SMA Negeri 1 Plered

Alokasi Waktu: 4 x 45 menit

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

KD                  : 4.1

Kelas/Semester: XI/1

IPK                  : 4.1.1

Materi Pokok.  : Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan; memiliki sikap Proaktif, disiplin, santun, dan Jujur mengikuti pembelajaran serta Responsif dan Tanggung jawab mengerjakan tugas.

 

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

 

1. Pendahuluan (10 Menit)

a. Pendidik berkomunikasi dan mengecek kehadiran peserta didik melalui WA Grup  mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.

b. Pendidik menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.

c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2. Inti (70 Menit)

a. stimulation (10’)

Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran.

b. problem statement (10’)

Pendidik meminta peserta didik bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat melalui WA Grup.

c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim Pendidik berkaitan dengan Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

d. data processing (15’)

Peserta didik mengembangkan secara daring isi, struktur dan kebahasaan teks prosedur.

e. verification 

(10’)

Peserta didik mengumpulkan hasil analisis melalui WA Grup.

f. generalization 

(10’) 

Peserta didik menyimpulkan hasil tugas.  

3. Penutup (10 Menit)

a. Peserta didik melakukan refleksi melalui WA Grup.

b. Pendidik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui WA Grup.

c. Pendidik memberikan umpan balik dan penugasan melalui WA Grup.

d. Pendidik menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui WA Grup.

 

C. Penilaian

Pengetahuan

1.   Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

Keterampilan

1.   Menyampaikan hasil temuan pengembangan teks prosedur.

Sikap

1.   Proaktif, disiplin, santun, dan Jujur mengikuti pembelajaran.

2.   Responsif dan Tanggung jawab mengerjakan tugas.

 

 

 

Mengetahui,                                                                                        Plered, 13 Juli 2020

Kepala SMA Negeri 1 Plered,                                                            Guru Bahasa Indonesia,

 

 

 

 

Yanti Mediyanti, S.Pd. M.Pd                                                             Fitri Andiani, S.Pd.

NIP 19730811 199703 2 005


 

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post