MATERI ASN BerAKHLAK EPISODE 7 ASN BERAKHLAK : ADAFTIF

March 18, 2024

 


Arti Harmonis dalam Nilai Inti ASN BerAKHLAK

Nilai "Harmonis" dalam Nilai Inti ASN 'BerAKHLAK' menekankan pentingnya menjadi harmonis dalam perilaku, yang mencakup menunjukkan kepedulian dan rasa hormat terhadap perbedaan. Ini adalah nilai fundamental yang harus dianut oleh pegawai negeri dalam perilaku profesional mereka dan interaksi dengan publik.

 

Implementasi dan Pentingnya

Penerapan AKHLAK sebagai panduan budaya kerja diyakini berdampak positif terhadap kinerja organisasi dan kesejahteraan individu dan keluarga. Sangat penting bagi semua pegawai negeri untuk mewujudkan nilai-nilai inti ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan beradaptasi mereka dalam menghadapi persaingan global. Selain itu, nilai-nilai memainkan peran penting dalam percepatan transformasi ASN dan manajemen reformasi birokrasi.

Singkatnya, Nilai Inti ASN 'BerAKHLAK' menyediakan kerangka kerja untuk perilaku profesional pegawai negeri, menekankan pentingnya melayani publik, bertanggung jawab, kompeten, harmonis, setia, adaptif, dan kolaboratif. Nilai-nilai tersebut dimaksudkan untuk memandu perilaku dan budaya kerja PNS baik di tingkat pusat maupun daerah, seperti yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut perilaku Adaftif yaitu:

1. Cepat menyesuaikan diri menghadap perubahan 

2. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

3. Bertindak proaktif

Intisarinya adalah bahwa ASN dituntut untuk meningkatkan literasinya dan kultur digitalnya dalam pengembangan kompetensi ASN, mengingat saat ini memasuki era serba digital dan serba otomatis, kita sekarang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.  Sutan Syahrir berkata kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir tetapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. ASN harus memiliki tekad  “Kami terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan serta menghadapi perubahan”. Terus kreatif, inovatif, dan harus selalu adaftif.

No comments:

Powered by Blogger.