MATERI ASN BerAKHLAK EPISODE 8 ASN BERAKHLAK : KOLABORATIF

March 18, 2024

 


Nilai "Kolaboratif" dalam Nilai Inti ASN 'BerAKHLAK' menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi di antara pegawai negeri sipil. Ini memerlukan penyediaan kesempatan bagi berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka untuk bekerja sama untuk menciptakan nilai tambah, dan memobilisasi pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama. Nilai ini sangat penting dalam mempercepat pencapaian visi dan aspirasi bersama melalui kolaborasi terbuka dan pemecahan masalah bersama.

Penerapan nilai "Kolaboratif" dipandang penting untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan beradaptasi pegawai negeri sipil dalam menghadapi tantangan global. Ditegaskan bahwa upaya kolaboratif, baik di dalam maupun di seluruh organisasi, adalah langkah strategis dalam mempercepat transformasi pegawai negeri dan pengelolaan reformasi birokrasi. Selain itu, nilai kolaborasi disorot sebagai faktor kunci dalam mencapai daya saing global dan mengatasi tantangan gangguan teknologi.

Singkatnya, nilai "Kolaboratif" dalam Nilai Inti ASN 'BerAKHLAK' menggarisbawahi pentingnya kolaborasi, kerja sama terbuka, dan pemanfaatan sumber daya untuk tujuan bersama di antara pegawai negeri. Implementasinya sangat penting untuk meningkatkan kinerja organisasi, kemampuan beradaptasi, dan daya saing global.

Berikut panduan perilaku kolaboratif sebagai core Values ASN yaitu: 

1. Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi 

2. Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah 

3. Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan Bersama

Intinya yaitu untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan ditengah era teknologi era disrupsi diperlukan berkolaborasi baik di lintas sektor, sebab banyak sekali masalah tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas oleh satu daerah bahkan oleh satu kementerian dan satu lembaga maupun satu keahlian atau satu disiplin ilmu. kolaborasi lintas organisasi lintas daerah lintas ilmu lintas profesi menjadi sangat penting. ASN harus memiliki tekad “kami membangun kerjasama yang sinergis”.

No comments:

Powered by Blogger.