berikut ini adalah salah satu contoh tugas RPP pada PPG Daljab (Dalam Jabatan) modul 1 Pedagogik x
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 1 Plered
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tahun Ajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Isi pokok laporan hasil observasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit (2x Pertemuan)
Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI-3 :Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
Terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
1. Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Strategi : Inquiry
Metode : Discovery Learning (Pertemuan 1)
Penugasan (Pertemuan 2)
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
c. Quizizz
2. Bahan : Teks laporan observasi.
G. Bahan dan Sumber Belajar
Baca Juga : KUIS KONSEP KURIKULUM PADA KONDISI KHUSUS TAHAP 1 – TOPIK 2
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Pertemua kedua (2 x 45 menit)
I. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Lampiran 1
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Plered
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Nama Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan bagan berikut!
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan : ............................................................................
Pedoman penyekoran:
Kunci
1.a. Wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1.b. Fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. Wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Plered
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X
Kompetensi Dasar : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
Baca Juga : KUIS KONSEP KURIKULUM PADA KONDISI KHUSUS TAHAP 1 – TOPIK 2
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Nama Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi dasar : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
Lampiran 3
KISI-KISI SOAL HOTS
ULANGAN HARIAN MELALUI MEDIA QUIZIZZ
Tahun Pelajaran 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : Ganjil
Kurikulum : 2013
KISI-KISI SOAL HOTS
ULANGAN HARIAN MELALUI MEDIA QUIZIZZ
Tahun Pelajaran 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : Ganjil
Kurikulum : 2013
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
Materi : teks laporan hasil observasi
Indikator soal no:
1. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
2. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
Produksi padi tahun 2018 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun dua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2018.
Apa pertanyaan yang sesuai dengan paragraf di atas…
Kapan adanya produksi gabah kering?
Dimana produksi gabah kering?
Dimana produksi padi tahun 2018?
Apa yang di produksi di tahun 2018?
Bagaimana produksi padi di tahun 2018?
Ide Pokok paragraf di atas adalah…
Produksi padi tahun 2018 diperkirakan menurun.
Produksi padi tahun 2018 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering atau turun dua persen dari sebelumnya.
Adanya penyebab turunnya produksi padi, yaitu banjir dan kekeringan.
Produksi padi tahun 2018 lebih jelek dibandingkan tahun sebelumnya.
Produksi padi tahun 2018 turun akibat banjir, kekeringan, dan pergeseran waktu tanam.
3. Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraph
4. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
........ berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para ahli menyarankan ........ orang tua tidak langsung merespon teriakan anak, ........ memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikasi yang tepat.
Agar kalimat majemuk di atas koheren dan kohesif, sebaiknya menggunakan kata penghubung...
A. Setelah, untuk, sebab
B. Sesudah, jika, tetapi
C. Sebelum, andai, sebab
D. Jika, agar, tetapi
E. Biarkan, telah, agar.
Kalimat majemuk di atas termasuk dalam kalimat majemuk…
A. Tunggal C. Bertingkat E. Kompleks
B. Setara D. Simpleks